Sri Sultan: Sudah Saatnya Yogyakarta Memulai New Normal

oleh -

JALAJAHNUSAE.com – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan saat ini memang sudah waktunya DIY menerapkan new normal untuk membangkitkan kembali geliat ekonomi masyarakat.

Walau begitu, dirinya mengungkapkan, tidak ingin terburu-buru untuk menetapkan new normal tanpa persiapan yang matang.

Saat ini, Gubernur DIY serius mengajak seluruh komponen untuk benar-benar mempersiapkan new normal terutama untuk mengantisipasi adanya gelombang wisatawan yang akan datang ke DIY.

Sri Sultan dalam keterangan persnya,Selasa (02/06/2020) menghimbau kepada pelaku-pelaku bisnis di DIY untuk bisa disiplin menerapkan protokol pencegahan Covid – 19.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, S.H., M.Ed. mengungkapkan, untuk memasuki tatanan new normal, seluruh asosiasi serius menyusun draft protokol, SOP dan CHS (Cleans, Health and Security).

Saat ini tidak hanya masalah kesehatan saja yang di persiapkan, namun juga kebersihan dan keamanan. Dalam minggu ini, target susunan SOP terhadap pengelolaan bisnis dan wisata akan selesai digarap untuk kemudian disimulasikan.

Setelah itu akan dilakukan evaluasi, baik oleh wisatawan, pengelola maupun masyarakat luas agar sistem bisa dilakukan dengan baik.

“Seperti kita tahu ya, dalam industri ini ada transportasinya, pedagang kecilnya, biro perjalanan, hotel dan sebagainya yang termasuk dalam ekosistem, sehingga harus kita susun semua aturannya dengan sangat terperinci dan matang,” ucap Singgih.

(adh)