Gaes, Yuuk Kita Hitung Tujuan Keuangan Di 2021

by -
Ilustrasi.

JALAJAHNUSAE.com – Ini yang paling tersulit. Menjaga finansial dalam kurun waktu lama. Biasanya, keinginan ada, tapi selalu berakhir pada wacana.

Apalagi buat kamu yang sudah punya penghasilan pribadi, di samping keinginan, kebutuhan hidup kamu pun semakin bertambah.

Memang, bisa menikmati uang hasil jerih payah sendiri itu menyenangkan. Namun, bagaimana dengan persiapan keuangan kamu di masa depan?

Selain itu, bukan sekedar menjaga, keuangan juga harus punya tujuan nih, gaes. Hal itu dilakukan agar kamu enggak kehilangan arah dan menjadi boros.

Di awal tahun, baiknya sih, kamu sudah punya tujuan keuangan. Dikutip dari Bisnis, berikut sederet tujuan keuangan yang bisa kamu pertimbangkan untuk dijalani selama setahun kedepan.

Tambah Sumber Pendapatan

Gaji kamu dirasa masih belum cukup? Mungkin tahun ini saatnya kamu mulai untuk mencari pendapatan tambahan nih, (Jangan males-malesan)

Bukan cuma buat menambah pemasukan, menambah sumber pendapatan juga bisa menghindari kamu dari risiko keuangan.

Cara paling mudah, kamu bisa mengandalkan bakat dan keterampilan yang bisa menghasilkan cuan (Itu lho gaes, dapet duit tiap hari). Misalnya, dengan menjual produk kuliner rumahan, jasa penulis lepas, dan sebagainya.

Pantau Pengeluaran

Di tahun 2021 ini, coba deh, kamu mulai rutin untuk memantau pengeluaran yang kamu lakukan. Hal ini dilakukan untuk membantu kamu mengevaluasi pengeluaran kamu itu termasuk pemborosan atau enggak lho.

Misalnya, tanpa kamu sadari, pengeluaran seperti beli kopi kekinian, air mineral botolan, hingga keseringan jajan-jajan lewat delivery order itu bisa bikin kamu boncos geura.

Kurangi Utang

Nah, jangan menyiksa diri dengan banyak utang ya, gaes. Ketika kamu berani berutang, itu artinya kewajiban kamu semakin bertambah.

Hal tersebut juga bisa bikin pengeluaran kamu makin bertambah. Ada baiknya sih, kamu punya utang yang cenderung “produktif” seperti cicilan rumah atau emas.

Lindungi Aset Penting

Keuangan kamu juga perlu punya tujuan untuk melindungi aset yang kamu punya. Soalnya, hal tersebut bisa diandalkan saat kamu berada dalam kondisi sulit.

Caranya bisa melalui asuransi. Kamu bisa temukan cara untuk mendapatkan alternatif yang tepat, cari penasihat yang sesuai, perusahaan andal yang menyediakan dukungan yang diperlukan.

Tambah Penghasilan untuk Masa Depan

Terakhir, enggak ada salahnya untuk mulai tambah cuan dengan berinvestasi nih, bro. Jangan gegabah dulu, buat pemula, kamu bisa mulai dari produk investasi yang berisiko paling rendah, seperti pasar uang atau obligasi pemerintah.

Selain itu, jangan lupa untuk memiliki tabungan pensiun. Sehingga, nantinya kamu tetap cuan di masa tua.

Gimana gaes, masih mau kismin?

(BI/adh)