Inilah 6 Fakta Menarik Tinggal di Antartika

oleh -
Suasana Malam di Antartika. (Foto brainberries.co)

JALAJAHNUSAE.com – Berbicara tentang Antartika pasti ada di benak kita hamparan luas salju, sangat sedikit orang yang bisa dijumpai, dan bagaimana cara hidup di sana. Namun banyak pihak yang menempatkan Antartika sebagai tempat yang luar biasa untuk melakukan beragam jenis eksperimen.

Seperti di salah satu tempat penelitian di Antartika yang dikenal dengan nama Concordia. Tempat ini merupakan basis penelitian yang dibangun pada tahun 2005. Ada sekitar 50 orang lebih yang tinggal di sana. Hidup di Concordia pun terlihat sulit, oksigen rendah, suhu di bawah optimal, dan siklus siang-malam yang aneh. Namun itulah yang menjadi fakta unik dan menarik dari Antartika.

Berikut ini ada 6 fakta menarik tinggal di Antartika!

Apakah ada swalayan?

Jika kita melihat peta, akan melihat bahwa toko terdekat dengan Concordia ternyata berjarak 2.500 mil (4023,36 km) dan diperlukan bantuan para ilmuwan, serta membutuhkan sekitar 10 hari untuk pergi dari stasiun ke peradaban terdekat. Namun jangan khawatir, mereka yang tinggal di Concordia mendapatkan persediaan daging, ikan, buah-buahan, dan sayuran yang stabil.

Suhu udara seperti di sebuah freezer besar

Rata-rata temperatur suhu di Antartika adalah −58 ° F (-50 C), dengan titik terendah −110 ° F (-79 C). Artinya, bakteri yang biasanya mengeluarkan bau tidak bisa bertahan hidup di lingkungan seperti ini. Sehingga membuat udara di luar pangkalan menjadi yang terbersih yang pernah kita hirup. Sayangnya, tingkat oksigennya sangat rendah, jadi untuk menghirup udara segar butuh menghabiskan waktu 30 menit untuk menyalakan semua peralatan.

Semua bekerja dan tidak bermain?

Concordia terbagi menjadi dua area, yaitu tempat pertama cukup tenang, tempat orang tidur, dan melakukan penelitian. Sedangkan tempat kedua merupakan tempat yang cukup ramai, tempat mereka bersenang-senang, makan, dan mengobrol. Di sana tersedia pula fasilitas keren, antara lain pusat kebugaran, bioskop yang nyaman, lapangan bola basket, ruang dansa, dan lainnya. Selain itu, mereka juga dapat menggunakan Skype untuk menghubungi keluarga masing-masing atau berkomunikasi dengan orang lain di luar Antartika.

Musim dingin tetap ada

Bukan karena selalu dingin, hingga tidak ada pergantian musim. Di sana pergantian musim tetap ada namun waktunya singkat. Dan sebagian besar waktu mengalami musim dingin. Selama musim dingin ini, mustahil untuk keluar dari Concordia karena kondisi cuaca yang buruk.

Ritme pergantian malam dan siang yang unik

Di Concordia 4 bulan dalam setahun merupakan waktunya malam di kutub, yang berarti orang di sana tidak mendapatkan cahaya alami. Bayangkan jam 10 malam tetapi matahari bersinar seterang biasanya. Atau sebaliknya sekarang jam 2 siang dan kita tidak bisa melihat apa-apa karena gelap.

Pusat penelitian

Concordia di Antartica menjadi pusat penelitian, salah satunya penelitian tentang kejiwaan manusia kala hidup di lingkungan yang cukup ekstrem. Di sinilah tempat yang cocok sebagai uji coba bagi wacana petualangan ke Mars yang sedang populer saat ini. Penelitian di sana dimulai dari perubahan suasana hati hingga depresi direkam dan disimpan dalam perangkat khusus kemudian dikirim ke HQ untuk analisis lebih lanjut. Selain itu, Concordia juga menjadi tempat penelitian astronom, ahli meteorologi, seismolog, klimatologis, fisikawan, dan spesialis lain yang bekerja di sana.*** (IG/sumber Brainberries.co)