Itinerary Menuju Jatim Park, Wisata 2 Hari 1 Malam

by -
Batu Secret Zoo atau dikenal dengan "Lorong Harimau" menjadi salah satu fasilitas terbaru yang berada di Zona Tigerland, Jatim Park-2 (Foto:IG-@jatimparkdua)

JALAJAHNUSAE.com  – Pandemi memang belum menampakan tanda-tanda segera tuntas. Namun beberapa daerah di Indonesia mulai menujukkan pengendalian Covid-19 dengan baik.

Sebut saja di Provinsi Jawa Timur, sebanyak 16 daerah di Jawa Timur sekarang sudah masuk kategori risiko rendah atau zona kuning.

Sisanya, 22 kabupaten/kota masih zona oranye. Per Selasa, 2 Maret 2021, misalnya,  tidak ada zona merah di Jatim.

Nah, saat tiba waktunya untuk kembali bisa berlibur, ada baiknya kalian mencoba menjelajahi Kota Batu yang terkenal sebagai kota wisata di Malang Raya. Kemudian bisa finish ke Jatim Park—yang fenomenal itu.

Selama 2 hari 1 malam, kamu bisa berkeliling ke beberapa tempat wisata. Mulai dari tempat wisata alam, wisata buatan, hingga wisata petualangan yang masih cocok untuk anak-anak.

Tak lupa juga wisata kuliner khas Batu yang sayang untuk dilewatkan.

“Kalau menurut pengalaman dan fakta, disesuaikan berdasarkan waktu pagi sampai sore itu tergantung jam buka wisata dan berdasarkan cuaca alam,” kata seorang Guide Malang Raya bernama Whiempy seperti dikutip Jalajahnusae.com dari  Kompas.com.

Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai standard, yakni mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer selama berwisata.

Berikut ini itinerary wisata 2 hari 1 malam bersama anak-anak di Kota Batu:

Transportasi

Berkeliling Kota Batu tentunya butuh transportasi yang cukup nyaman, apalagi jika bepergian bersama anak-anak.

Menurut Whiempy, kamu bisa menyewa mobil dengan harga rata-rata sekitar Rp 600.000 seharian sudah termasuk supir. Jika ingin membawa sepeda motor, kamu juga bisa sewa dengan tarif rata-rata Rp 75.000.

Kamu juga bisa meminta ditemani oleh guide seperti Whiempy agar pengalaman liburanmu semakin nyaman dan menyenangkan. Menurut Whiempy, rata-rata tarif guide adalah Rp 400.000 per hari.

Kamu bisa menghubungi Whiempy di nomor +6281333183380 untuk bertanya lebih lanjut atau menggunakan jasanya saat liburan ke Kota Batu nanti.

Penginapan

Untuk penginapan, tak sulit menemukan penginapan yang nyaman di Kota Batu. Jika ingin menginap di tempat yang sedikit fancy tapi sangat nyaman untuk anak-anak, kamu bisa mencoba The Onsen Hot Spring Resort Batu.

Tempat ini merupakan resor berkonsep tradisional Jepang, tepatnya seperti di Kyoto. Menginap di sana, kamu bisa menikmati suasana Little Kyoto. Lengkap dengan bangunan cottage yang mirip dengan Ryokan di Jepang.

Onsen Jatim
The Onsen Hot Spring Resort yang menampilkan suasana khas Sakura, Jepang. (Foto:IG-@focusmalang)

Ada dua tipe cottage yang bisa kamu pilih. Pertama adalah Deluxe Suite dengan dua kamar tidur, publish rate-nya mulai dari Rp 3,6 juta. Lalu ada juga Executive Suite dengan tiga kamar tidur, publish rate-nya mulai dari Rp 5,4 juta.

Harga tersebut sudah termasuk sarapan, Yukata Bathrobe, wifi, shuttle bogeycar hingga ke cottage, dan tentu saja private onsen.

Di sana juga terdapat banyak aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan bersama anak-anak. Seperti berswafoto, berendam di onsen tradisional Jepang, hingga menyewa baju tradisional Jepang untuk berfoto di lokasi ikonik tempat tersebut.

The Onsen Hot Spring Resort terletak di Jalan Arumdalu Nomor 98, Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Hari Pertama

Wisata Gunung Banyak

Dari penginapan The Onsen Resort, kamu bisa mengarah ke kawasan Gunung Banyak. di sana terdapat beberapa kawasan wisata sekaligus. Di antaranya adalah Omah Kayu, Tandem Paralayang, Taman Langit Gunung Banyak, dan Romantic Camp.

“Taman Langit Gunung Banyak itu taman dan spot foto. Aktivitasnya bisa lihat view Kota Batu dan Tandem Paralayang,” kata Whiempy.

Jika ingin berkegiatan yang memacu adrenalin bersama pasangan, kamu bisa coba aktivitas paralayang.

Sementara Taman Langit Gunung Banyak menawarkan pengalaman wisata yang lebih santai. Terdapat banyak spot foto dengan instalasi unik, seperti ayunan besar di antara pepohonan, kasur dari rumput, hingga gerbang yang ikonik.

Harga tiket masuk kawasan ini Rp 15.000. Sementara untuk akomodasi dan aktivitas wisata lainnya, berkisar mulai dari Rp 125.000.

Kawasan wisata Gunung Banyak terletak di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. Jam operasional loket untuk wisatawan mulai pukul 08.00–17.00 WIB.

Makan siang di Cangkruk Manuk

Masih di lokasi yang sama, kamu bisa mengisi perut di restoran Cangkruk Manuk. Restoran ini terletak di tengah Taman Langit sehingga kamu tetap bisa merasakan sejuknya udara dan pemandangan alam indah di kawasan Gunung Banyak.

Di sana ada beragam menu, mulai dari wedangan hangat, makanan berupa olahan nasi, mi, ayam, bebek, hingga camilan tradisional yang unik. harganya berkisar mulai dari Rp 10.000 – Rp 35.000.

Goa Pinus

Tak jauh dari kawasan wisata Gunung Banyak, terdapat sebuah goa bernama Goa Pinus. Terletak di rimbunnya hutan pinus, suasana di kawasan tersebut cukup sejuk.

Setelah mengisi perut, kamu bisa berwisata di goa peninggalan Jepang tersebut. Panjang goanya hanya lima meter, dengan tinggi sekitar 1,5 meter.

Dulunya, tempat ini digunakan sebagai area pertambangan. Namun sekarang, tempat ini disulap menjadi tempat wisata yang indah. Kamu bisa menemukan banyak spot menarik untuk berswafoto.

Goa Pinus
Foto: Instagram @explore_batu

Beberapa yang populer adalah sebuah papan yang ujungnya terkesan berada di atas angin karena menggantung di tepi tebing. Selain itu, ada pula rumah-rumah tradisional masyarakat Papua, yakni Honai.

Selain itu, ada pula gardu pandang yang berupa batu di tepi jurang dengan pemandangan pegunungan yang indah. Spot tersebut adalah salah satu spot foto favorit.

Goa Pinus terletak di Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu. Tempat wisata ini beroperasi setiap hari pukul 07.00–17.30 WIB.

Batu Night Spectacular

Memasuki waktu malam, kamu bisa coba berkunjung ke Batu Night Spectacular. Tempat wisata ini hanya buka di waktu sore dan malam hari saja.

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini. Wahana yang tersedia juga ramah anak. Di antaranya Dancing Fountain, Go Kart, Sepeda Udara, Witch Castle, maupun Drop N’ Twist bagi penyuka uji adrenalin.

Menuju pintu keluar kamu akan melewati Night Market, pusat belanja oleh-oleh khas Batu dan Malang.

Tiket masuk ke Batu Night Spectacular saat ini sedang ada promo seharga Rp 35.000 sudah termasuk dua tiket wahana gratis, yakni Maze of Horror dan Trick Art Gallery.

Ada pula tiket terusan Rp 100.000 sudah termasuk tiket semua wahana, kecuali Indigokart dan Arena Ketangkasan. Tiket bisa dibeli secara offline atau online melalui situs jtp.id/bns.

Untuk waktu operasionalnya sendiri selama masa pandemi ini hanya di akhir pekan saja, yakni Jumat – Minggu pukul 15.00 – 00.00 WIB.

Hari Kedua

Kusuma Agrowisata

Kamu bisa menghabiskan waktu pagi di Kota Batu yang sejuk dengan memetik buah di Kusuma Agrowisata. Dari penginapan The Onsen Resort, kamu hanya butuh waktu kurang lebih 15 menit untuk sampai ke tempat ini.

Kawasan ini terletak di Jalan Abdul Gani Atas, Ngaglik. Buka setiap hari pukul 07.00 – 16.00 WIB. Kamu bisa memetik beragam buah, bisa dimakan langsung atau dibawa pulang. Namun sebelumnya, kamu perlu menentukan paket apa yang mau diambil.

Ada beberapa paket tersedia. Paket termurah adalah Ayook Petik Jambu dengan harga Rp 25.000 sudah termasuk petik dua buah jambu, waterpark, dan De Tjangkul.

Paket lainnya bervariasi hingga Rp 80.000, yakni Paket Hore (apel, jambu, dan jeruk) termasuk petik dua buah apel, dua buah jambu, tiga buah jeruk, serta waterpark, dan De Tjangkul.

Jatim Park 2

Jatim Park 2 jadi tujuan selanjutnya. Tempat wisata ramah anak ini memiliki tiga kawasan wisata, yakni Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park.Tempat ini jadi tempat wisata yang tepat untuk memberikan edukasi soal hewan pada anak-anak.

Untuk tiket masuknya sendiri, tiket terusan sudah termasuk Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Sweet Memories Selfie adalah Rp 110.000 di Senin-Kamis. Sementara di Jumat-Minggu harganya adalah Rp 120.000.

Untuk tiket masuk Jatim Park 2 + Eco Green Park, adalah Rp 130.000 untuk Senin-Kamis dan Rp 150.000 untuk Jumat-Minggu. Jika hanya tiket Eco Green Park saja, Rp 50.000 di Senin-Kamis dan Rp 65.000 di Jumat-Minggu.

Jatim Park 2 terletak di Jalan Oro-Oro Ombo Nomor 9, Temas, Batu. Jam operasionalnya setiap hari pukul 08.30 – 16.30 WIB.

Warung Wareg

Setelah puas bermain di Jatim Park 2, saatnya mengisi perut. Kamu bisa coba datang ke Warung Wareg Batu yang ada di Jalan Dieng Nomor 9, Sidomulyo, Batu. Tempat ini buka setiap hari pukul 10.00 – 20.30 WIB.

Restoran yang cocok untuk keluarga ini menyediakan berbagai makanan dan minuman dengan bahan dasar ikan segar dan bahan lainnya. Kamu bisa menemukan aneka olahan gurami, lele, ayam, udang, sayur, sambal, dan lain-lain.

Di sana juga terdapat playground untuk anak-anak. Ada pula kafe dengan kopi kekinian bagi yang ingin mencoba menu terkini. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp 15.000 – Rp 60.000 saja. (*/adh)