Pemkab Bogor Gencarkan “Sport and Tourism” Sebagai Agenda Besar Event

by -
Ilustrasi. Pemkab Bogor sedang menggerakan sport tourism sebagai salah satu unggulan event pariwisata. (Foto: Pixabay)

BOGOR, Jalajahnusae.com – Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Bogor terus berupaya mengembangkan sport and tourism sebagai agenda besar event pariwisata.

Untuk itu, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, Jawa Barat menggencarkan tagline atau slogan sport and tourism yang salah satu tujuannya untuk menarik kegiatan besar termasuk olahraga dilaksanakan di wilayah tersebut.

“(Program) City Branding dan pemulihan ekonominya berjalan bersama dalam dua koridor (kepemudaan dan olahraga),” kata Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, Trian Turangga di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/4/2021).

Menurut dia, City Branding menjadi andalan untuk menarik kegiatan-kegiatan besar keolahragaan agar dapat diselenggarakan di Kabupaten Bogor, sehingga diharapkan dapat berkontribusi pada pemulihan ekonomi imbas pandemi COVID-19.

Untuk itu, kata dia, pada perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023 program tersebut menjadi prioritas.

“Terkait dengan perubahan RPJMD maupun perubahan Rencana Strategis (Renstra) yang sudah dilakukan. Pada prinsipnya kita akan melakukan kegiatan-kegiatan yang nanti akan mendukung fokus pada pemulihan ekonomi walaupun masih tetap dalam koridor kepemudaan dan keolahragaan,” kata Trian menerangkan.

Sementara, Bupati Bogor, Ade Yasin telah meminta restu kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat untuk meningkatkan kegiatan atau event keolahragaan di Kabupaten Bogor.

“Melalui kerja sama ini diharapkan bisa didorong untuk (event besar keolahragaan) dilaksanakan di Bogor,” ujarnya.

Menurutnya, peningkatan event keolahragaan di wilayahnya perlu dilakukan guna mendorong terwujudnya Kabupaten Bogor sebagai tempat dengan tagline sport and tourism.

Ia menyebutkan bahwa di Indonesia hanya ada dua daerah yang memiliki tagline sport and tourism, selain Kabupaten Bogor yaitu Kota Palembang.

Selain dapat mendongkrak perekonomian, tagline tersebut diyakini dapat mendukung peningkatan prestasi olahraga Indonesia.

“Diharapkan pelaksanaan event-event olahraga didorong ke Kabupaten Bogor. Terlebih Kabupaten Bogor berbatasan langsung dengan Jakarta,” pungkas Ade Yasin. (*/adh)

Sumber: Antara