Pantai Plengkung, Spot Surfing Kelas Dunia di Banyuwangi

oleh -
Peselancar sedang menjajal gelombang ombak Pantai Plengkung. (Foto Pesona Indonesia)

JALAJAHNUSAE.com – Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ternyata memiliki spot selancar (surfing) kelas dunia yang tak kalah dari spot di Bali atau Lombok. Pantai Plengkung tempatnya. Pantai inipun menjadi salah satu destinasi wajib bagi para peselancar.

Pantai Plengkung lebih dikenal dengan sebutan G-Land. Lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. G-Land diakui sebagai salah satu dari tujuh spot surfing dengan ombak terbaik di dunia “The Seven Giant Waves Wonder” setelah Hawaii.

Dilansir laman indonesia.go.id, kamp peselancar di G-Land pertama kali dibangun sekelompok peselancar asal Amerika Serikat. Mereka mengadakan ekspedisi di pantai tersebut selama sepuluh hari. Dan kamp pertama untuk umum dibuka pada akhir dekade 70-an.

Julukan G-Land ini merujuk pada beberapa hal, salah satunya huruf “G” yang mengarah pada Teluk Grajagan, tempat di mana Pantai Plengkung berada. Di sisi lain huruf “G” diambil dari kata “Green”, yang merujuk pada letak Pantai Plengkung sebagai sebuah green forest. Selain itu huruf “G” juga berasal dari kata “Great”, berkat ombak Pantai Plengkung yang besar, panjang, dan penuh. Versi lain menyebutkan bahwa kata G-Land berasal dari lengkungan Pantai Plengkung yang mirip dengan huruf “G”.

Spot surfing tersebut, telah mendapat pengakuan dari Kelly Slater, seorang peselancar legendaris dunia yang dikenal melalui aksinya yang selalu memukau dan memacu adrenalin. Kelly Slater mengakui, ombak di Pantai Plengkung adalah salah satu yang paling menantang yang pernah ia temui.