7 Spot Diving Banyuwangi Terbaik. Bisa Lihat Karang Cantik sampai Renang Bareng Hiu!

by -
diving
Ilustrasi diving

Jalajahnusae.com – Untuk kamu yang suka banget lihat keindahan ragam biota laut, harus banget mencoba diving! Selain bisa melihat spesies ikan yang beragam, kamu juga bisa memandangi terumbu karang yang memanjakan mata. Banyuwangi jadi salah satu tempat yang cocok untuk melakukannya. Yuk, simak spot diving Banyuwangi terbaik di bawah ini!

Terletak di ujung timur pulau Jawa tidak membuat Banyuwangi terlupakan oleh wisatawan. Geografisnya yang berseberangan dengan Bali, membuat Banyuwangi sering jadi check point para wisatawan khususnya backpacker.

Memiliki keindahan alam yang menakjubkan, Banyuwangi terkenal dengan sabana seperti di Afrika. Tak hanya itu, pantainya yang indah dan jarang dijamah oleh wisatawan membuat kondisi alamnya masih asri. Di Banyuwangi terdapat spot diving maupun snorkeling yang sayang untuk dilewatkan. Berikut tujuh spot diving Banyuwangi terbaik.

Rekomendasi Spot Diving Banyuwangi yang Keren Banget!

1. Pantai Bama

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Taman Nasional Baluran yang terkenal dengan Padang Savana Bekol. Padang Savana ini  terkenal sebagai Afrika nya Pulau Jawa. selain mempunyai Padang Savana Afrika, Taman Nasional Baluran juga memiliki Pantai Bama yang dikenal sebagai nirwananya Sunrise dan surganya diving & snorkeling di Baluran.

Pantai Bama menjadi salah satu tujuan wisatawan yang datang ke Baluran. Suasana pantai yang tidak terlalu ramai menjadikannya salah satu tempat yang seru untuk bertualang. Daya tarik dari pantai ini selain pasir putih serta air lautnya yang bersih adalah suasana natural yang sangat terasa.

2. Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng berada di Desa Pancer, Kecamatan Pesanggaran. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai Pulau Merah yang cukup terkenal di Banyuwangi, hanya sekitar 5 km.

Dasar penamaan pantai Wedi Ireng adalah warna pasirnya. Dalam bahasa Jawa wedi artinya pasir sedangkan ireng artinya hitam. Warna pasir di pantai ini sekilas memang putih bersih. Namun, jika diperhatikan, ada campuran warna hitam yang terdapat pada pasir di pantai sehingga pantai ini     dinamakan pantai Wedi Ireng.

3. Pantai Bangsring

Pantai Bangsring adalah nama sebuah kawasan wisata yang cukup terkenal di Banyuwangi. Pantai Basring sebenarnya diambil dari sebuah nama desa karena letaknya yang berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur atau sekitar kurang lebih 20 km dari pusat kota Banyuwangi.

Selain pantainya yang sangat indah, pantai Bangsring juga terkenal akan biota bawah lautnya yang beraneka ragam. Terumbu karang yang bewarna-warni membuat kawasan wisata ini dipenuhi ikan-ikan yang beraneka ragam.

4. Watudodol Underwater

Masih di sekitaran desa Bangsring, pantai Watudodol Underwater bisa menjadi alternatif jika anda ingin melihat yang lain. disini juga tak kalah indah dengan pantai Bangsring, terdapat terumbu karang, koloni soft coral dan aneka ikan hias. Bahkan, cukup di kedalaman satu meter, kamu sudah bisa melihat terumbu karang seperti tenois, suwarsono, minipora, dan monte.

5. Teluk Biru

Tak banyak wisatawan yang tahu tentang keindahan Teluk Biru, lokasinya yang jauh serta sulit dijangkau membuat Teluk Biru masih alami. Tempat wisata yang terletak di kawasan Taman Nasioal Alas Purwo ini memiliki keindahan bawah laut yang bagus.

Terumbu karang serta ikan di sini benar-benar sangat dilindungi, bahkan kelompok nelayan disana menjadikan tempat ini untuk transplantasi terumbu karang. Kalo kamu mampir ke sini, jangan lupa jaga kebersihan ya!

6. Pulau Menjangan

Meskipun lokasinya bukan di Banyuwangi, tapi untuk ke Pulau menjangan bisa melalui Banyuwangi. Pulau yang terletak di Taman Nasional Bali Barat ini merupakan tempat snorkeling dan diving terbaik di dunia. Ada banyak spot snorkeling yang bisa anda coba, namun ada tiga yang paling terkenal yaitu Eel Gardens, Secret Bay, dan Anchor Wreck.

Aktivitas paling seru yang bisa Kamu coba ketika berkunjung ke Pulau Menjangan adalah wall diving. Wall diving merupakan kegiatan menyelam yang berpatokan pada lajur tebing bawah laut. Tidak banyak tempat wisata yang menawarkan kegiatan seru yang satu ini, salah satunya adalah Pulau Menjangan dengan kedalaman tebing bawah laut mencapai 20 sampai 60 meter. Seru kan?

7. Pulau Tabuhan

Bagi wisatawan yang ke Pulau Menjangan dari Banyuwangi biasanya juga ditawarkan mampir ke Pulau Tabuhan. Pulau seluas lima hektare ini juga cocok untuk Kamu pecinta scuba diving atau snorkeling. Disini terdapat banyak jenis ikan dan terumbu karang.

Menikmati keindahan alam khususnya diving atau snorkeling memang sangat menyenangkan. Setelah membaca daftar, destinasi mana yang akan kamu pilih? Jangan lupa untuk selalu menjaga keasrian alam ya! Mari baca artikel menarik lainnya di Jalajahnusae.com.