Tour de Singkarak 2019, Promosikan Pariwisata Sumbar dan Jambi

oleh -
Menpar Arief Yahya dan Gubernur Sumbar memegang bendera saat launchig Wonderful Event Sumbar. (Foto Kemenpar)

JALAJAHNUSAE.com – Tour de Singkarak (TdS), salah satu event sport tourism digelar kembali. Tahun ini merupakan ajang penyelenggaraan yang ke-11. Penyelenggaraan tahun ini semakin diperluas jangkauannya hingga 9 etape yang melintasi 16 kabupaten/kota Sumatera Barat (Sumbar) dan 2 kabupaten di Jambi.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya usai melaunching Wonderful Event Sumbar 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Rabu sore (14/8/2019), mengatakan TdS 2019 ini diharapkan menjadi ajang promosi pariwisata di Sumatera Barat dan Jambi.

“TdS merupakan sport tourism yang sangat efektif untuk mempromosikan pariwisata. TdS 2019 tahun ini untuk mempromosikan pariwisata Sumbar dan Jambi,” ujar Menpar dikutip dari siaran pers Kemenpar.

Baca juga: Sumatera Barat Launching Tiga Calendar of Event 2019

Dalam kesempatan tersebut, Arief Yahya yang juga didampingi Gubernur Sumbar H. Irwan Prayitno menambahkan, event TdS mempunyai keunggulan sebagai event sport tourism balap sepeda internasional terbesar di Indonesia.

“TdS memiliki media value yang tinggi sehingga berdampak pada promosi dan pencitraan pada destinasi pariwisata Sumbar dan Jambi. Untuk mengoptimalkan media value harus dikuatkan strategi promosinya saat pre-post-on (POP) event masing-masing dengan alokasi anggaran sebesar 70 persen, 20 persen, dan 10 persen,” imbuh Arief.

Penyelenggaraan TdS 2019 sendiri akan berlangsung pada 2-10 November 2019 dengan menampilkan atraksi budaya, kuliner, dan olahraga. Event balap sepeda ini juga akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp.2,3 miliar.***(IG)