Kepiawaian Jenderal Putranto Dalam Uji Coba Hybrid Jeep di Cikole

oleh -

BANDUNG, Jalajahnusae.com – Sosok Letnan Jenderal (Letjen) TNI Anto Mukti Putranto tak asing lagi di kalangan offroader nasional.

Kontribusinya terhadap perkembangan otomotif di tanah air juga cukup besar. Ditengah kesibukannya sebagai  Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklatad), pria yang akrab disapa Bro Putranto ini  masih tetap hadir dalam setiap kesempatan event offroad.

Nah, belum lama ini Jenderal kelahiran Jawa Timur, 26 Februari 1964, merampungkan Jeep Willys bermesin Hybrid V8.

Dirangkai sendiri oleh putra-putra bangsa dengan kualitas sangat baik, Bro Putranto mencoba trek offroad di Cikole, Lembang, Jawa Barat.

Cukup piawai dan mendebarkan, saat melewati medan berat (extreme offroad) di Cikole. Kokoh dan handal, meski harus melewati trek yang sangat membahayakan.

“Ini adalah uji coba pertama mobil Hybrid Jeep, dimana Hybrid ini kita bikin selama empat bulan. Kita sudah coba di jalan raya, mobil ini punya kemampuan 100 km/jam,” kata Putranto.

“Hasilnya, sangat luar biasa, tidak bergetar. Kita coba di Tangkuban Perahu juga bagus, menggunakan roda Ring 35/16. Nah, disini di Cikole ini, waktunya kita coba untuk suspense-nya, ternyata enak seperti naik Mercy,” lanjut Putranto.

Bagaimana Bro Putranto menakluk medan extreme di Cikole, bisa disaksikan dalam video di atas.

Yang jelas, bukan kali ini saja Bro Putranto menjajal berbagai medan offroad. Banyak sudah event yang diikuti.

Mantan Pangdam II Sriwijaya ini juga selalu menekankan bahwa dalam setiap event offroad yang digelar hendaknya diikuti dengan bakti sosial atau kegiatan yang bisa ikut rasakan warga sekitar.

Atas dedikasinya di dunia olahraga otomotif, Bro Putranto beberapa kali menerima award dari  Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Dua kali penghargaan dari IMI Provinsi Jawa Barat i dan IMI Sumatera Selatan sebagai Lifetime Achievement.

Lulusan Akabri 1987 ini, selalu menanaman prinsip bekerja dengan hati, profesional dan selalu bersyukur.

“Kita harus memaknai arti kehidupan dalam mengemban tugas sebagai Prajurit TNI Angkatan Darat maupun saat berada ditengah-tengah masyarakat,” katanya dalam satu kesempatan berbincang-bincang dengan Jalajahnusae.com, beberapa tahun silam—saat mmenjabat sebagai Komandan Kostrad Cilodong.

Itu pula yang selalu ditekankan, bahwa dalam wadah perkumpulan harus mampu dan bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Untuk itu dalam setiap kegiatan offroad, pesan yang selalu ditanamkan adalah jangan melupakan  misi kemanusiaan yakni berbagi dengan sesama. (adhi)