AMA Institute Turut Berperan Dalam Peningkatan Kompetensi SDM Unggul

oleh -
Lembaga pelatihan AMA Intitute di Kota Bandung, Jawa Barat ini terus memberikan bimbingan teknis peningkatan kompetensi karyawan sebagai jalan karir dan profesi. (foto: AMA Institute)

BANDUNG, Jalajahnusae.com – Banyak pencapaian yang sudah dilakukan AMA Institute sebagai mitra dalam bertumbuh kembangnya SDM kompeten professional yang berdaya saing (“the partner of growing talents”).

Lembaga pelatihan kerja di Kota Bandung, Jawa Barat ini juga terus memberikan bimbingan teknis peningkatan kompetensi karyawan sebagai jalan karir dan profesi.

Berdasarkan catatan yang ada, AMA Institute sendiri telah melatih sekitar 300 orang peserta pelatihan dari berbagai bidang dan profesi.

“Tujuan utama kami adalah, bagaimana terus  menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) terampil yang sesuai kebutuhan perusahaan saat ini, menjadi mitra penyedia pelatihan perusahaan yang ingin mengembangkan kompetensi karyawannya,  juga turut berkontribusi dalam penurunan angka pengangguran di Indonesia dengan cara melakukan  program pemagangan dalam negeri dan pemagangan luar negeri,” kata Operation Manager AMA Institute Annisa Primanty kepada Jalajahnusae.com, Kamis (31/12/2020).

Operation Manager AMA Institute Annisa Primanty saat menandatangani MoU antara AMA Institute dengan PT Putra Pertiwi Jayalestari selaku PJTKI, Jumat (06/11/2020). (Foto: Jalajah Nusae/Zulfie 007)

Menurut Annisa—yang didampingi Manager Akademik & Program Ade Mardiah, AMA Institute yang berada di Jalan Lemah Neundet No 7, Kota Bandung

Di penghujung tahun 2020, misalnya, AMA Institute telah mendorong PT. Sari Ater  menghantarkan 10 karyawan level supervisor ke atas di lingkup Sariater Hotel & Resort Subang  menjadi mentor (pelatih) di tempat kerja melalui program pelatihan dengan  kompetensi Metodologi Pelatihan Kerja yang disertifikasi BNSP yang berlangsung pada tanggal 14-16 Desember 2020 di Hotel Santika Harapan Indah Bekasi.

Uji Kompetensi yang difasilitasi oleh Kemenaker RI dengan LSP Pelatinas tersebut diikuti 176 peserta dari beragam lintas industri seluruh Indonesia.

Pelatihan kompetensi karyawan yang terus dilakukan AMA Institute untuk melahirkan SDM yang handal. (Foto: AMA Institute)

Ditambahkan Ade Mardiah, proses menuju sertifikasi yang diawali dengan pelatihan pelatih di Tempat Kerja (PPTK) oleh LPK AMA Institute berisikan 6 unit kompetensi Metodologi Pelatihan Kerja. Termasuk,  metoda teori dan praktek serta bukti tugas seluruh peserta.

PPTK ini dilaksanakan dengan adanya latarbelakang tujuan dan manfaat sebagai berikut :

  • Memberikan apresiasi dan upaya mengembangkan karir karyawan level Supervisor keatas dengan diberikannya ‘up skilling’ peningkatan kompetensi.
  • Mendukung terciptanya manajemen mutu perusahaan yang baik, dengan memiliki karyawan yang kompeten dalam bidang teknis maupun bidang metodologi pelatihan di departemen terkait.
  • Berkontribusi dalam pembimbingan dan pengawasan kompetensi karyawan di departemen terkait.
  • Mendukung pelaksanaan program pemagangan dalam negeri dan pemagangan luar negeri yang dilaksanakan perusahaan sebagai kontribusi CSR perusahaan pada peningkatan kompetensi para pencari kerja di wilayah Jawa Barat dan Indonesia umumnya.

Selanjutnya, AMA  Institute juga mengembangkan Program Pelatihan Kerja berbasis kompetensi secara berkelanjutan, baik hard skills maupun soft skills.

Program ini telah dilaksanakan oleh PT. Sari Ater untuk seluruh unit usaha didalamnya, dengan menunjuk LPK AMA institute sebagai mitra penyedia pelatihan kerja dan mitra penyedia psikotest/asesmen kompetensi. (adh)