Ini Dia 7 Cara Perkuat Sistem Imun Tubuh Tangkal Virus Corona

oleh -
Yoga
Olahraga seperti Yoga dapat memperkuat sistem imun tubuh. (Foto: pxhere)

JALAJAHNUSAE.com – Wabah Virus Corona (Covid-19) terus di Indonesia kini terus meningkat. Masyarakat pun diimbau untuk waspada namun tidak panik dalam menghadapinya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah virus Corona, salah satunya menjaga dan meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

Selanjutnya timbul pertanyaan, bagaimana cara meningkatkan sistem imun untuk agar terhindari dari COVID-19? Nah, berikut beberapa cara atau upaya yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup sangat baik bagi tubuh, terutama dengan tidur malam yang berkualitas merupakan cara tersimpel untuk memperkuat sistem imun. Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa setidaknya membutuhkan tidur selama 7–9 jam setiap harinya.

Perlu diingat, tanpa tidur yang cukup, tubuh tidak bisa memproduksi sitokin dengan jumlah yang banyak. Padahal, sitokin merupakan sejenis protein untuk melawan infeksi dan peradangan yang secara efektif menciptakan respons imun. Sitokin ini diproduksi dan dilepaskan selama kita tertidur.

Selain itu, dengan beristirahat yang cukup juga bisa memupuk produksi Sel T di dalam tubuh. Sel T merupakan kelompok sel kekebalan tubuh yang berperan penting dalam sistem imun terhadap virus. Sel T akan menyerang dan menghancurkan sel pembawa virus. Di samping itu, tidur yang berkualitas juga bisa meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh terhadap ancaman penyakit.

Olahraga yang Rutin

Berolahraga yang rutin juga merupakan cara memperkuat sistem imun untuk melawan virus corona. Keistimewaan olahraga amat beragam, salah satunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut ahli di National Institutes of Health – Medlineplus, olahraga bisa merangsang kinerja antibodi dan sel-sel darah putih. Sel darah putih merupakan sel kekebalan tubuh yang melawan berbagai penyakit.