Jabar Sabet 4 Penghargaan Green Destination ISTA 2019

oleh -
Kadisparbud Jabar Dedi Taufik (kedua kiri) saat Malam Anugerah ISTA 2019. (Foto Disparbud Jabar)

JALAJAHNUSAE.com – Provinsi Jawa Barat meraih prestasi tingkat Nasional di ajang Indonesia Sustainable Tourism Award atau (ISTA) 2019 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Prestasinya berupa penghargaan untuk 4 destinasi di Jabar sebagai destinasi wisata terbaik di kategori Green Destination.

Penghargaan pun diserahkan langsung Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam acara Malam Anugerah ISTA 2019 di The Ritz Carlton Jakarta Hotel, Kamis, 26 September 2019 lalu. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Jabar, Dedi Taufik turut hadir dalam acara, mewakili Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang berhalangan hadir.

Ajang ISTA sendiri merupakan penghargaan yang diberikan Kemenpar RI untuk destinasi wisata yang telah menerapkan sistem pariwisata berkelanjutan. Ajang ini merupakan yang ketiga kalinya digelar dan terbuka untuk seluruh pengelola destinasi wisata baik pengelola kawasan, agen travel, penyedia jasa, yayasan, maupun masyarakat lokal.

Dalam kesempatan itu, Dedi Taufik menyampaikan apresiasinya terhadap prestasi yang diraih 4 destinasi wisata di Jabar.

“Prestasi ini diharapkan menjadi stimulus bagi para penerima penghargaan dan motivasi bagi seluruh stakeholder pariwisata di destinasi lainnya untuk menunjukkan kinerja dengan lebih baik lagi,” tutur Dedi dikutip dari laman Disparbud Jabar.

Adapun keempat destinasi wisata di Jabar yang meraih penghargaan ISTA 2019 untuk kategori Green Destination, sebagai berikut:

1.Desa Wisata Cibuntu, Kabupaten Kuningan. Kategori Tata Kelola Destinasi: Green

2.Green Canyon, Kabupaten Pangandaran. Kategori Tata Kelola Destinasi: Green Bronze

3.Kampung Naga, Kabupaten Tasikmalaya. Kategori Pelestarian Budaya: Green Gold

4.Dusun Bambu, Kabupaten Bandung Barat. Kategori Pelestarian Budaya: Green***

(IG)