Wishnutama: Berbagai Tantangan Ini Yang Masih Dihadapi UMKM Ekraf

oleh -
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio. Foto: Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com, Jakarta – Berbagai tantangan masih dihadapi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ekonomi kreatif (ekraf) untuk melakukan ekspor.

Terkadang produk atau brand bagus tetapi pada saat permintaan membesar akhirnya tidak mampu untuk men-supply hal tersebut.

“Supply atau penyediaan yang tidak stabil mengakibatkan produsen tidak dapat memenuhi kebutuhan permintaan di pasar,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, diskusi virtual, Minggu (30/8/2020).

Persoalan lain yakni terkait dengan administrasi dokumen logistic yang hingga saat ini masih banyak pelaku ekonomi kreatif didominasi oleh UMKM yang sebagian tidak memahami proses ekspor.

Solusi pemerintah dalam menghadapi tantangan proses ekspor ini yakni telah melakukan pelatihan prosedur ekspor dan sertifikasi pelaku ekraf yang bekerjasama dengan kementerian/lembaga terkait.

Kedua, kemampuan produksi pelaku ekraf yang masih kecil karena faktor tenaga kerja dan mesin produksi.