Akhirnya Ibu Kota Negara Pindah Ke Kalimantan

oleh -
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mendarat di mendarat di sebuah lokasi yang disebut dengan "kawasan segitiga" Kalimantan Tengah. Lokasinya di antara Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Gunung Mas. Kawasan ini disebut-sebut sebagai salah satu kandidat Ibu Kota Negara yang baru.Foto: IG-@Jokowi

JALAJAH NUSAE – Teka-teki pemindahan Ibu Kota Negara terjawab sudah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah menyetujui perpindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan.

Hal itu disampaikan Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional ( Bappenas) Bambang Brodjonegoro di acara Penyusunan Langkah Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Jawa-Bali 2020-2024 di Hotel Shangri-La, Surabaya, Senin, (29/7/2019).

“Iya, nanti diumumkan ( perpindahan ibu kota negara),” kata Bambang.

Namun, pihaknya enggan menyebut provinsi mana di Pulau Kalimantan uang bakal dipilih presiden sebagai ibu kota baru.

“Pulaunya Kalimantan, provinsinya, nanti (menyusul),” ujar Bambang.

Sebelumnya, Jokowi disebut menginginkan rencana pemindahan ibu kota tak hanya jadi wacana semata.

Presiden Jokowi menunjuk peta salah satu kawasan di Kalimantan Timur. Foto:IG-@Jokowi

Dia ingin rencana itu segera bisa terwujud. Keinginan Jokowi itu disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam sebuah diskusi di Jakarta, pada 10 Juli 2019 lalu.

“Jadi memang pemindahan ibu kota ini bukan hal yang baru. Rencana ini juga pernah diangkat Presiden Soekarno dan Soeharto. Presiden Jokowi menginginkan ini bukan hanya wacana, tapi kongkrit,” ujar Bambang.