Gubernur Edy: Saya Terus Berpikir, Bagaimana Agar Pariwisata Tidak Kolaps

oleh -
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (kedua dari kanan) saat mengikuti rapat dengar pendapat umum dengan panitia kerja pemulihan pariwisata Komisi X DPR secara virtual di Rumah Dinas Gubernur. foto: Humas Sumut

Edy menyampaikan beberapa upaya pemulihan pariwisata yang terus dilakukan. Salah satunya dengan memfasilitasi kemudahan bagi pelaku industri pariwisata.

“Sampai hari ini saya terus berpikir bagaimana agar pelaku pariwisata tidak kolaps,” kata Edy dalam pernyataan tertulisnya, Senin (29/6/2020).

Menurut Edy, selama ini pariwisata adalah salah satu keunggulan ekonomi di Sumatera Utara.

“Untuk mengupayakan perbaikan sektor pariwisata ini, saya akan terus melakukan berbagai upaya koordinasi antara pemerintah provinsi dengan kabupaten/kota dan stakeholder terkait. Pemerintah secara bertahap juga telah memfasilitasi kemudahan bagi para industri pariwisata,” ujarnya.

Dirinya juga mengingatkan pentingnya protokol kesehatan pada destinasi wisata untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

Dirinya mengingatkan pentingnya protokol kesehatan pada destinasi wisata untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

“Dalam membuka destinasi wisata, protokol kesehatan adalah intinya. Harus kita siapkan dengan baik. Komisi X harus konkret mendorong apa yang sudah kami lakukan sehingga wisata kita kembali normal,” ujar Edy.

Sementara itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang diwakili Deputi Kebijakan Strategis Kemenparekraf Kurleni Ukar menyampaikan, ada pemberian insentif bagi industri dan tenaga kerja pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak Covid-19.