Leuwi Tonjong, Surga Tersembunyi Mirip Phuket Ada di Garut

by -
Leuwi Tonjong, sumber instagram @robyandikaputra

JALAJAHNUSAE.COM – Leuwi Tonjong, wisata alam berupa lubuk dangkal yang dihiasi dengan dua tebing batu. Banyak wisatawan yang menyebut bahwa Leuwi Tonjong mirip dengan salahsatu destinasi wisata Phuket Thailand.

Berbentuk lubuk sungai dangkal yang jernih dan dihiasi dua tebing batu yang menjulang membuat suasana teduh dan sejuk. Objek wisata ini berada di wilayah Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Untuk sampai ke sini kamu harus berjalan kaki, karena lokasinya di tengah hutan yang masih alami sehingga kendaraan tak memungkinkan untuk bisa masuk.

Bagi wisatawan yang ingin mencari suasana tenang dan berniat untuk menjernihkan pikiran, tempat ini sangat cocok.

Tempat ini masih jarang dijamah oleh orang-orang, kondisi alamnya pun masih asri dan alami. Air sungai yang mengalir juga sangat jernih, berwarna biru kehijauan.

Leuwi Tonjong pernah dianugerahi penghargaan oleh Kemenpar. Tempat ini memboyong kategori ‘Surga Tersembunyi’ terbaik dari Kementrian Pariwisata RI. Julukan tersebut tampaknya sangat pas ketika kita sampai di lokasi.

Yang menjadi perhatian yakni pemandangan sungai jernih yang diapit oleh dua tebing batu berlumut dengan tinggi sekitar 100 meter. Banyak sekali wisatawan yang datang mengambil gambar dengan latar citraan tersebut.

Belum lagi, wisatawan bisa menikmati aliran sungai yang jernih dan segar dengan berenang atau bermain air.

Apalagi, saat pagi hari, cahaya mentari terlihat masuk ke sela-sela hinpitan tebing dan memantul ke sungai yang jernih. Sangat damai dipandang mata.

Leuwi Tonjong, Sumber Instagram @wyenyou

Akses ke Leuwi Tonjong

Surga tersembunyi ini membawa wisatawan menuju perjalanan penuh tantangan. Pasalnya, untuk menuju ke sini wisatawan akan dipertemukan dengan jalanan bercabang. Biasanya, wisatawan harus bertanya kepada warga untuk arah yang dituju.

Objek wisata Leuwi Tonjong ini berada di Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Sekitar 2 Jam perjalanan dari Kota Garut.

Wisatawan yang berangkat dari kota Garut tinggal mengarahkan perjalanannya ke Jalan Raya Garut – Cikajang hingga tiba di Desa Jayamukti. Setelah tiba di Desa Jayamukti, wisatawan perlu mengandalkan warga sekitar untuk menanyakan arah.

Lalu, sesampainya di jalur masuk ke Leuwi Tonjong, wisatawan akan mengarungi jalan setapak yang cukup curam, berbatu dan licin. Pada beberapa titik jalur, tidak tersedia pembatas atau penyangga untuk berpegangan. Namun semua lelah terbayar saat tiba di lokasi Leuwi Tonjong yang indah dan asri.

Tempat wisata menawan ini belum ditunjang oleh fasilitas perjalanan yang memadai, karena medan lapangannya di hutan serta demi menjaga keasrian hutan. Jadi, wisatawan yang datang diberikan sensasi bertualang sebelum sampai dan menikmati keindahan alam Leuwi Tonjong.

Jadi wisatawan perlu menyiapkan kondisi fisik yang baik serta perbekalan yang cukup. Perjalanan trekking menuju lokasi dari pintu masuk hutan sekitar 30 menit.

Tiket Masuk Leuwi Tonjong

Harga tiket masuk (HTM) kawasan ini dibagi menjadi dua jenis, yakni saat hari kerja dan hari libur. Namun, harganya asih tergolong murah dan terjangkau. Pada hari senin – jumat HTM sebesar Rp10 ribu, dan pada hari Sabtu, Minggu dan libur nasional sebesar Rp15 ribu.

Leuwi Tonjong memang jadi surga tersembunyi di Garut. Kondisi alam yang asri dan sungai yang jernih menjadi aset terpenting dari destinasi ini. Kita diwajibkan untuk menjaga keasriannya dengan tidak meninggalkan sampah apalagi merusak lingkungan kawasan tersebut. Baca artikel menarik lainnya di Jalajahnusae.com. (*/JAV)