Kamboja Akan Sambut Wisatawan Asing Akhir Tahun Ini

by -
Kamboja
Ilustrasi. Suasana objek wisata Ankor Wat di Kamboja. Foto: Pixabay

JALAJAHNUSAE.com  – Di saat Indonesia masih berupaya menuntaskan program vaksinasi, pemerintah Kamboja curi start menyambut turis asing.

Nantinya, wisatawan asing diizinkan untuk mengunjungi salah satu objek wisata tersohor negara tersebut, yaitu Taman Arkeologi Angkor di Provinsi Siem Reap.

Melansir khmertimeskh.com pada Rabu (28/4/2021), Menteri Pariwisata Kamboja Thong Khon menyinggung kemungkinan turis yang telah divaksinasi agar dibebaskan dari kewajiban karantina 14 hari setibanya mereka di sana.

“Kementerian Pariwisata tengah mempelajari kemungkinan penyambutan kembali turis asing yang telah divaksinasi Covid-19 dan berasal dari negara-negara berisiko rendah. Perihal adanya karantina bagi turis asing yang telah divaksinasi atau tidak masih didiskusikan dengan Kementerian Kesehatan,” kata Thong.

Rencana tersebut sejalan dengan langkah pemerintah untuk memvaksinasi sedikitnya 90 persen populasi, termasuk pelaku industri pariwisata guna membangun kepercayaan wisatawan bahwa Kamboja adalah negara yang aman untuk dikunjungi.

Sama seperti sektor pariwisata di berbagai negara, sektor pariwisata di Kamboja juga terdampak pandemi Covid-19.

Menurut flightglobal.com pada Rabu dan Kementerian Pariwisata Kamboja, negara tersebut hanya dikunjungi 1,31 juta turis asing di tahun 2020 dan angka tersebut menunjukkan penurunan sebesar hampir 80 persen jika dibandingkan tahun lalu. (*/adh)

Sumber: Kompas