Pemda Jabar Sudah Salurkan 20.600 Paket Bansos Bagi Terdampak Covid-19

oleh -
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama unsur forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) menggelar rapat pembasahan penangan Covid-19. Foto: humas jabar

JALAJAHNUSAE.com -Pemerintah Daerah (Pemda) Jawa barat sampai saat ini sudah menyalurkan sekitar 20.600 paket bantun sosial (bansos) bagi warga terdampak COVID-19 di seluruh Jabar.

Menurut Ketua Divisi Logistik Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar Arifin Soedjayana melaporkan, bansos senilai Rp.500 ribu dari Pemda Provinsi Jabar tersebut merupakan salah satu dari sembilan pintu bantuan kepada warga terdampak pandemi COVID-19.

Sembilan pintu itu adalah Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, bantuan sosial (bansos) dari presiden untuk perantau di Jabodetabek, Dana Desa (bagi kabupaten), Kartu Pra Kerja, bantuan tunai dari Kemensos, bansos provinsi, serta bansos dari kabupaten/kota.

Kemudian, Pemda Provinsi Jabar menggagas Gerakan Nasi Bungkus atau Gasibu yang bertujuan untuk memastikan semua masyarakat Jabar dapat memenuhi kebutuhan pokok sehari-harinya. Meski begitu, bantuan dari pemerintah pusat maupun daerah berbeda nilai, jenis, waktu penyebaran dan mekanismenya.