Malam Tahun Baru Di Candi Borobudur Tanpa Penerbangan Lampion

oleh -
Pada malam tahun baru kali ini tidak akan ada penerbangan lampion. Hal ini untuk menghindari gangguan PLN. Foto:IG-@noor3va

JALAJAHNUSAE.com – Jika tahun sebelumnya Candi Borobudur bertabur lampion di udara pada malam tahun baru, kali ini pemandangan itu lagi bisa disaksikan. Pasalnya, penerbangan lampion mengganggu lingkungan dan membahayakan terhadap jaringan kabel listrik PLN.

Namun demikian jangan khawatir, kemeriahan malam tahun baru di Borobudur tak akan berkurang. Bertajuk Borobudur Nite ‘The Sound of Spirit Soul’ ada sebuah pertunjukan musik di Taman Lumbini Candi Borobudur, Selasa (31/12/2019).

General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, I Gusti Putu Ngurah Sedana mengatakan, untuk malam tahun baru nanti ada pertunjukan musik di Taman Lumbini Candi Borobudur. Tiket masuk sebesar Rp150.000.

“Malam tahun baru ada pertunjukan musik di Taman Lumbini Candi Borobudur. Dengan mendatangkan artis lokal dari Jogjakarta,” kata Putu saat ditemui di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu (28/12/2019).

Untuk penerbangan lampion, katanya, pada tahun ini ditiadakan. Hal ini karena pada tahun-tahun lalu penerbangan lampion berdampak pada lingkungan dan jaringan PLN.

Untuk itu, PLN memberikan surat peringatan agar tidak menerbangkan lampion.

“Untuk tahun ini, lampion ditiadakan. Karena tahun-tahun yang lalu berdampak kurang bagus terhadap lingkungan dan terutama PLN. Karena waktu 2018 itu, juga ada lampion yang mengganggu di kabel listrik akhirnya padam, merusak trafo. Akhirnya dari PLN memberikan surat peringatan untuk tidak menerbangkan lagi lampion yang bisa berdampak lain lagi,” katanya.

(adh/dtk)