Konektivitas Penerbangan Menjadi Kunci Pemulihan Sektor Pariwisata

oleh -
Sekjen BPPD Jawa Barat Djoni Sofyan Iskandar saat memaparkan strategi pemasaran dalam Diskusi Bersama Mitra Pariwisata Kota Bandung. (Foto: Jalajah Nusae/adhi)

JAKARTA, Jalajahnusae.com  – Konektivitas penerbangan memegang peranan penting dalan percepatan pemulihan sektor pariwisata di tanah air.

“Untuk menarik wisatawan asing lebih banyak lagi, konektivitas penerbangan menjadi kata kunci. Masalah ini yang masih kita hadapi saat ini. Tentu wisman akan berpikir ulang untuk datang ke Indonesia, jika harus berputar-putar atau transit ke beberapa negara terlebih dahulu,” kata Joni Sofyan Iskandar, Sekjen Badan Pariwisata Promosi Daerah (BPPD) Jawa Barat dalam acara Diskusi Bersama Mitra Pariwisata Bandung di Savoy Homann, belum lama ini.

Menurut Djoni—yang juga pengajar di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, untuk menggenjot angka wisman ke Jabar harus mengetahui seara utuh pasar mana yang hendak dituju.

Ia mencontohkan, Kota Bandung atau Jawa Barat secara umum selama ini menjadi pasar ASEAN, khususnya Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina.

Ditambah kemudian wisman dari Asia Timur, khususnya Tiongkok, Korea, dan Jepang. Selanjutnya wisman dari Timur Tengah, terutama Arab Saudi, Mesir, Maroko, Qatar, Uni Emirat Arab serta yang terakhir wisman dari Belanda.