Presiden Dorong Percepatan Pemulihan Pariwisata, ASITA Lakukan Penelitian Pola Perjalanan Wisata

oleh -
– Wakil Ketua Umum DPP Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Budijanto Ardiansjah. Foto:Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam  Rapat Terbatas (Ratas) telah memberikan arahan-arahan cukup gamplang terkait pemulihan di sektor pariwisata saat menghadapi tatanan kehidupan baru (new normal).

Pemberlakuan new normal diharapkan dapat menggeliatkan kembali sektor pariwisata agar produktif dan aman Covid-19.

Dalam ratas yang berlangsung,Kamis (28/5/2020) tersebut presiden menyampaikan beberapa arahan, diantaranya  mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 akan membuka sebuah perubahan tentang tren pariwisata di dunia.

Di mana isu health dan hygiene serta safety dan security akan menjadi pertimbangan utama bagi wisatawan yang ingin melancong.

Selain itu, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa referensi liburan akan bergeser ke alternatif liburan yang tidak banyak orang seperti solo travel tour, wellness tour, dan termasuk juga di dalamnya virtual tourism serta staycation.

Karena itu, para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif harus betul-betul mengantisipasi terjadinya perubahan tren ini dan kita harus betul-betul bisa mencium perubahannya ke arah mana.