Ini Himbauan Disparbud Jabar Hadapi Penyebaran Virus Corona

oleh -
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dr. Dedi Taufik M.Si. Foto:Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat mengeluarkan surat edaran yang menghimbau agar seluruh pelaku pariwisata  melakukan upaya pencegahan penyebaran Virus Corona.

Dalam surat bernomor: 556/182-pemas tertanggal 28 Januari 2020 tersebut  Disparbud menghimbau di daerah pariwisata harus sungguh-sungguh melakukan antisipasi dan mitigasi penyebaran virus mematikan tersebut.

Berikut point-point surat edaran yang ditandatangi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat H.Dedi Taufik:

  1. Meningkatkan koordinasi antar insan pariwisata di Jawa Barat untuk mengambil langlah-langkah yang perlu dilakukan guna mencegah penyebaran Virus Corona melalui kegiatan pariwisata.
  2. Berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan/Sarana kesehatan setempat untuk mencegah penyebaran penyakit pada tempat padat wisata.
  3. Meningkatkan pengawasan pada kegiatan pariwisata,khususnya yang datang/berhubungan dan berasal dari negara terjangkit, untuk selanjutnya dilakukan pertolongan pertama.
  4. Tersedianya area/ruang untuk fasilitas yang diperlukan, antara lain:
    1. Wawancara mendalam (holding room) apabila ditemukan wisatawan yang diduga terpapar.
    2. Ruang Isolasi Pertama
  5. Memastikan penggunaan masker atau alat pelindung diri lainnya untuk karyawan frontliners guna mengantisipasi penularan penyakit.

(adh)