Wishnutama Harus Berani Memberikan Insentif Pemain “Inbound”

oleh -
Seorang wisatawan mancanegara sedang bermandi di pancoran air hangat (hot spring) Taman Rekreasi Sari Ater Hotel & Resort di Kabupaten Subang,Jawa Barat. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ingin menggenjot kunjungan wisman premium ke tanah air. Foto: Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio harus berani memberikan insentif  bagi pemain inbound (tur operator wisatawan yang plesiran ke dalam negeri). Hal ini bertujuan agar upaya menggenjot target wisatawan 20 juta pada tahun 2020 bisa lebih realistis.

Sampai hari ini belum ada data yang pasti, dari 40.000 biro perjalanan wisata di Indonesia, berapa banyak yang memang fokus di inbound.

“Selama ini pemerintah sering melaksanakan Bimtek,tetapi sasarannya apakah untuk oudbound (tur operator wisatawan domestik keluar negeri) atau inbound, belum jelas. Kalau Pak Menteri ingin menggaet wisatawan mencanegara, saatnya sekarang fokus pada inbound,” kata Sekretaris Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Barat Djoni Sofian Iskandar ketika dihubungi Jalajahnusae.com, Senin (28/10/2019).