Yana Mulyana Optimis Pariwisata Bandung Makin Mendunia

oleh -

JALAJAHNUSAE.com – Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana optimis pariwisata dapat membawa Kota Bandung menjadi luar biasa di mata dunia. Demikian disampaikan Yana saat menghadiri acara Bandung Traveller Friendly City, di Taman Dewi Sartika, Balai Kota, Jumat (27/9/2019).

“Saya melihat, seluruh elemen masyarakat, sudah menunjukkan kepeduliannya pada pariwisata Bandung. Salut,” ucap Yana dalam sambutannya, bersumber dari rilis Humas Kota Bandung.

Yana pun berpesan kepada pelaku pariwisata Kota Bandung, agar dapat melihat peluang dari keberadaan wisatawan muslim yang berkelana mencari tempat wisata halal di dunia.

“Ada 170 juta wisatawan muslim di dunia. Kalau kita jeli, ini bisa jadi peluang untuk menarik mereka ke Bandung,” ungkapnya.

Peluang inilah yang menjadi pendorong Pemkot Bandung untuk membuat roadmap wisata halal, dengan prototype di Jalan Gelap Nyawang.

Ia menjelaskan, wisata halal yang dimaksud bukan berarti punya tendensi dengan konteks tertentu. Lebih dari itu, wisata halal ini bisa memberi kenyamanan bagi wisatawan yang menghabiskan waktu untuk berwisata di Bandung.

“Halal itu meliputi seluruhnya. Kulinernya, tempatnya, akses seperti sarana ibadah sampai toiletnya,” imbuhnya.

Mengenai sajian kuliner non-halal, Yana juga menyebutkan kalau Bandung sudah memiliki beberapa titik kawasan yang menyajikan kuliner non halal. Seperti misalnya di wilayah Cibadak, yang juga banyak menyajikan wisata kuliner non halal yang punya cita rasa.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Dewi Kaniasari menuturkan, acara Bandung Traveller Friendly City merupakan upaya akselerasi kualitas pariwisata di Bandung.

Kadisbudpar yang akrab disapa Kenny ini, mengajak masyarakat Bandung untuk mengampanyekan sadar wisata dan sapta pesona.

“Kalau pariwisatanya maju, tapi dua hal tersebut (sadar wisata dan sapta pesona) tidak dibangun, ya percuma,” tutur Kenny.

Terakhir, Kenny menyebutkan Bandung akan terus bertransformasi dan mengakselerasi menjadi kota pariwisata yang ramah bagi wisatawan.*** (IG/Foto: Humas Kota Bandung)