PVMBG: Wilayah Sekitar Tangkuban Parahu Aman Untuk Wisatawan

oleh -
Pekerja perkebunan teh Ciater melakukan aktivitas seperti biasa pasca erupsi Tangkuban Parahu. Untuk jarak 1,5 km dari kawah Tangkuban Parahu masih dinyatakan aman bagi masyarakat dan wisatawan. Foto:Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Jawa Barat menyatakan wilayah di sekitar Gunung Tangkubanparahu di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, aman untuk aktivitas masyarakat maupun wisatawan.

“Yang masih harus diwaspadai adalah semburan asap di sekitar bibir kawah. Jaraknya 500 meter. Sementara untuk wilayah di sekitar yang berjarak 1,5 Km aman untuk aktivitas masyarakat maupun wisatawan. Kalau gas berbahaya kecil. Hanya sekitar dalam kawah saja, gak sampai berkilo-kilometer berhembusnya. Disetiap gunung memang ada gas kan,tapi hanya disekitar dalam kawah,” demikian disampaikan Penyelidik Bumi PVMBG Jawa Barat, Kristianto saat dihubungi Jalajahnusae.com, Rabu (28/8/2019).

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat PVMBG, Nia Haerani yang selalu melakukan pemantauan di lokasi Tangkuban Parahu.

“Kalau semburan gas berbahaya masih di dalam kawah. Oleh sebab itu kami rekomendasikan jarak 1,5 km dari kawah agar tidak ada aktivitas, maksudnya supaya tidak terpapar gas atau abu vulkanik yang terbawa angin,” jelas Nia.