Kang Emil: Ini Kelebihan Agrowisata Cianjur yang Bisa Jadi Instagramable

by -
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meresmikan agriwisata di Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Selasa (27/4/2021). Foto: humas jabar

CIANJUR, Jalajahnusae.com — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluncurkan kawasan agrowisata Cianjur di Desa Cipendawa di Kecamatan Pacet, Selasa (27/4/2021).

Cipendawa merupakan salah satu desa yang terbilang masih asri dengan hamparan sawah dan alam pegunungan yang hijau dengan udara sejuk.

Kuliner tersohor dari desa ini adalah kue cincin, makaroni, dan lapis legit. Sementara seni budaya yang masih kuat di desa ini adalah gamelan Sunda.

Nama Cipendawa diambil dari Sungai Cipandawa yang melewati desa ini. ‘Ci’ berarti air, ‘pan’ berarti untuk, ‘dawa’ berarti obat.

Cipendawa dapat dimaknai sebagai sungai untuk obat yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit.

Dengan berbagai potensi yang ada, Cipendawa diproyeksikan menjadi salah satu desa agrowisata di Cianjur yang menjadi andalan Jawa Barat dalam mengembangkan dunia pariwisata dalam kerangka pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19.

Gubernur Ridwan Kamil memberikan rumus pengembangan agrowisata kepada Pemkab Cianjur.

Menurutnya, agrowisata dapat menyejahterakan masyarakat asal pengelolanya berani menerapkan teori-teori baru dalam promosi.