Sandiaga Uno Minta Kartu Prakerja Diprioritaskan untuk Sektor Pariwisata

by -
Sandiaga Uno
Menparektraf Sandiaga Uno saat menyampaikan pemaparan dalam kunjungan kerjanya ke Danau Toba, Sumut, Sabtu (27/3/2021). (Foto:IG-@sandiagauno)

TOBA, Jalajahnusae.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan bahwa jumlah tenaga kerja pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia yang terdampak pandemi diperkirakan mencapai angka 30 juta orang.

“ Dalam keadaan seperti ini, kita harus tetap optimis untuk bangkit.Oleh karena itu, sesuai dengan arahan Bapak Presiden, untuk membantu tenaga kerja di berbagai sektor yang terdampak pandemi, Pemerintah melaksanakan program Kartu Prakerja,” kata Sandiaga saat mengunjungi Danau Toba, Sumatera Utara, Sabtu (27/3/2021).

Program Kartu Prakerja ini, lanjutnya, menyasar  SDM pencari kerja, pekerja yang terkena PHK atau dirumahkan, pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi dan pelaku usaha mikro dan kecil.

“Secara umum, Pemerintah mengalokasikan 600 ribu orang penerima Kartu Prakerja di setiap batchnya,” katanya.

“Beberapa waktu lalu saat bertemu dengan Menko Perekonomian, Bapak Airlangga Hartarto, secara khusus saya meminta agar Program Kartu Prakerja memprioritaskan pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” tambahnya.

Alasan permintaan itu karena mengingat sektor ini merupakan sektor paling terdampak dan terpuruk dari pandemi Covid-19.

“Setelah pertemuan tersebut, Kemenparekraf dan Program Kartu Prakerja langsung Gercep, Geber, Gaspol demi mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional dan terciptanya kembali lapangan kerja,” ungkapnya.

Sandiaga pun menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Program Kartu @prakerja.go.id yang telah menyelenggarakan kegiatan di hari ini, khususkan untuk para pekerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak di sekitar Danau Toba. (adh)