5 Warga Positif Corona, Tasikmalaya Lockdown, Semua Transportasi Umum Dilarang Masuk

oleh -
Budi Budiman
Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman (kiri) foto portal.tasikmalayakota.go.id

JALAJAHNUSAE – TASIKMALAYA, Melonjaknya pasien positif Corona di Tasikmalaya membuat pemerintah setempat mengambi langkah dengan menerapkan lockdown lokal atau karantina wilayah.

Rencana lockdown lokal tersebut akan mulai dilaksanakan terhitung sejak hari Selasa (31/3/2020).

“Setelah ada lima orang pasien positif corona di Kota Tasik, kami bersama tim gugus tugas memberlakukan karantina wilayah atau lockdiwn lokal yang akan dimulai pada Selasa tanggal 31 Maret 2020 besok,” kata Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman seperti dikutip kompas.com.

Budi menjelaskan karantina diwilayahnya akan melarang keluar atau masuk ke Kota Tasik untuk kendaraan darat umum, jalur kereta api maupun pesawat udara dari Bandara Wiriadinata.

“Jadi, teknisnya kita akan melarang angkutan umum, udara dan kereta api yang datang dari daerah sudah terpapar covid-19,” terangnya.

Selain itu, pihaknya dan Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya akan membetuk posko-posko penjagaan di setiap perbatasan wilayah Kota Tasik.

Nantinya pos itu diisi tim gabungan Polri, TNI, dan aparatur pemerintah daerah setempat yang bertugas memfilter orang yang hendak masuk ke Kota Tasikmalaya.

Ini demi meminimalisir jumlah warga Kota Tasikmalaya yang terpapar corona.

“Ini menjadi kebijakan kita yang dianggap berat dilakukan. Tetapi ini juga harus dipahami semua pihak karena tak ada pilihan lain selain karantina wilayah,” pungkasnya.