Sandiaga Uno Ingin Dinas Pariwisata Daerah Lebih “Gercep”

by -
Menparekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (Foto:IG-@sandiagauno)

JAKARTA, Jalajahnusae.com – Tidak berhenti konsolidasi di kementerian dan kelembagaan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno kembali “menyisir” daerah untuk segera membangkitkan sektor pariwisata.

Kali ini gerak cepat yang dilakukan mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) adalah dengan menggelar rapat secara virtual dengan para Kepala Dinas yang membidangi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di lebih dari 200 daerah, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Rapat itu berlangsung di tengah masyarakat yang tengah melakukan liburan Natal, Sabtu (26/12/2020).

Seperti tak ingin waktu terlewatkan, Sandiaga Uno, mengajak para pemangku kepentingan, khususnya di pemerintah daerah dan kota untuk lebih gerak cepar alias Gercep.

“Terima kasih telah meluangkan waktunya di hari libur ini. Kalau di sektor pariwisata biasanya tanggal merah membawa berkah. Saya senang mendapat laporan bahwa di libur natal dan tahun baru akhir tahun ini, terjadi peningkatan jumlah wisatawan nusantara,” begitu Sandiaga Uno membuka sesi awal rapat.

Dikatakan Sandi—sapaan akrabnya, para Kepala Dinas sebagai garda depan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sepakat bahwa harus  harus #GERCEP (Gerak Cepat), #GEBER (Gerak Bersama), dan #GASPOL.

“Ini tidak lain  dalam mengakselerasi pemulihan pariwisata kita. Karena jutaan masyarakat Indonesia menggantungkan mata pencahariaannya pada sektor ini,” katanya.

Untuk itu, Kemenparekraf ingin memastikan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, & Environmental) atau K4 (Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, & Keberlanjutan Lingkungan) dapat terimplementasi dengan baik.

Dengan cara itu, maka akan dapat  meningkatkan kembali kepercayaan para wisatawan agar usaha-usaha masyakarat di sekitar tempat wisata dapat menggeliat dan lapangan kerja tercipta.

Beberapa Kepala Dinas Pariwisata Daerah memang tidak mengikuti tanggal merah, kemarin. Salah satunya adalah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik.

Pria yang sering turun ke bawah menggunakan sepeda motor gede (Moge) ini juga mengikuti rapat dengan Menparekraf di lokasi wisata saat kunjungan kerja.

Ditengah monitoring kawasan wisata, Dedi secara detail mengikuti rapat virtual bersama Kemenparekraf di Sari Ater Hotel & Resort di Kabupaten Subang. (adh)