Sumedang Dalam Lompatan Besar Pengembangan Pariwisata

oleh -
Director Sumedang Investement Board (SIB) Nana Mulyana. Foto: pribadi

JALAJAHNUSAE.com – Pemerintah Kabupaten Sumedang,Jawa Barat  telah bersepakat untuk menjadikan sektor pariwisata sebagai basis unggulan perekonomian rakyat. Keseriusan itu dituangkan dalam program besar pengembangsan destinasi di beberapa wilayah.

Salah satu yang menjadi fokus garapan adalah merancang Sumedang Timur yang meliputi Kecamatan Buahdua,Ujungjaya dan Tomo (Butom) menjadi penyangga kawasan Aero City Bandara International Jawa Barat (BIJB).

Menggandeng stakeholder pariwisata yang berkompeten dan kalangan pebisnis, Pemda Sumedang berharap kedepan bisa mengukuhkan diri sebagai wilayah segi tigas emas (Triangel Golden Area) yakni kota metropolitan  Jakarta Raya, Bandung Raya dan Cirebon Raya.

 

Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang,Jawa Barat. Foto: adhi

“Sumedang berada ditengah-tengah  dua kota metropolitan, Bandung dan Cirebon. Dari sisi geografis Sumedang juga lebih dekat dengan BIJB. Inilah keunggulan komparatif Sumedang untuk mengembangan pariwisata, termasuk kawasa Aero City,” kata Director Sumedang Investement Board (SIB) Nana Mulyana kepada Jalajahnusae.com, Rabu (27/11/2019).