TKI Malaysia Mulai Kelaparan Akibat Lockdown Diperpanjang

oleh -
Pemerintah Malaysia memperpanjang penerapan lockdown. Tampak perugas memeriksa warganya untuk memastikan apakah ada jemaah tabligh di Masjid Shah Alam,Selangor, 26 Mac 2020, terinfeksi Covid-19. Foto:IG-@benarnewsmalaysia

JALAJAHNUSAE.com – Tragedi kemanusiaan mulai terjadi bukan saja oleh infeksi virus corona (Covid-19),tetapi akibat kebijakan pembatasan pergerakan (lockdown).

Pusat Penyelesaian Permasalahan Warga Negara Indonesia di Malaysia (P3WNI) menyebut banyak tenaga kerja Indonesia di Negeri Jiran yang kelaparan akibat kebijakan tersebut.

Direktur P3WNI Dato M Zainul Arifin menuturkan sudah hampir dua pekan para TKI di Malaysia, terutama yang mengandalkan upah harian dan mingguan, tidak bisa mencari nafkah sehingga tak dapat membeli kebutuhan pokok seperti makanan.

“PMI (Pekerja Migran Indonesia) di Malaysia masih banyak yang bekerja untuk kebutuhan sehari-hari, artinya satu hari tidak bekerja maka tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. PMI di Malaysia tidak takut virus Covid-19, tetapi yang paling ditakutkan adalah virus kelaparan,” kata Zainul melalui pernyataannya,Kamis malam (26/3/2020), sebagaimana dilansir cnnindonesia.com.