Pemprov DKI Jakarta Siapkan 4 Hotel untuk Tenaga Medis COVID-19

oleh -
Hotel Grand Cempaka Business
Sejumlah tenaga medis tiba di Hotel Grand Cempaka Business. (Foto Pemprov DKI Jakarta)

JALAJAHNUSAE.com – Sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kepada tenaga medis penanganan COVID-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui BUMD miliknya, yakni PT. Jakarta Tourisindo (JAKTOUR) memfasilitasi tempat tinggal atau penginapan yang nyaman dan layak bagi para tenaga medis tersebut.

Fasilitas penginapan tersebut berupa hotel, antara lain Hotel Grand Cempaka Business, d’Arcici Hotel Cempaka Putih, d’Arcici Hotel Sunter, dan d’Arcici Hotel Plumpang. Dari keempat hotel ini, totalnya ada hampir 700 tempat tidur yang bisa menampung tenaga medis, dokter, dan perawat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (26/3/20) menegaskan, Pemprov DKI Jakarta terus memberikan berbagai dukungan untuk para tenaga medis yang merupakan garda terdepan dalam menghadapi wabah COVID-19 di Ibu Kota Jakarta. Bukan hanya Alat Perlengkapan Diri (APD) yang diperlukan saat bertugas, para tenaga medis membutuhkan istirahat yang berkualitas setelah bertugas atau bergantian shift tugas.

“Garda terdepan dalam menghadapi COVID-19 adalah tim medis, bekerjanya paling keras, berat dan risikonya paling besar. Tugas yang mereka miliki amat melelahkan. Sebagian dari mereka juga merasa perlu untuk tidak pulang ke rumah karena khawatir nanti kalau pulang punya risiko. Pemprov DKI Jakarta mulai hari ini menyiapkan fasilitas tempat tinggal kepada tenaga medis, dokter, perawat untuk mereka tinggal di Hotel Grand Cempaka milik Pemprov DKI sehingga mereka bisa istirahat dengan tenang, nyaman, layak, semua yang menjadi kebutuhan yang dipenuhi,” jelas Anies, seperti dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Pada tahap pertama, para tenaga medis yang berasal dari Rumah Sakit Pasar Minggu dan Rumah Sakit Tarakan sudah menempati Hotel Grand Cempaka sebagai tempat menginap dan beristirahat mulai Kamis pagi, (26/3/20). Mereka dijemput langsung menggunakan bus Transjakarta secara bertahap.

“Tadi pagi mulai batch pertama dari RS Pasar Minggu dan RS Tarakan ada 138 tenaga medis yang sudah memanfaatkan tempat di Hotel Grand Cempaka. Kamar yang sediakan ada 220 kamar dengan 414 tempat tidur. Kapasitasnya cukup besar. Selain disiapkan tempat tinggal yang nyaman, makanan juga disiapkan, dan kita menerima dukungan dari berbagai pihak,” papar Anies.