Berikut Tips Memakai, Melepas, dan Membuang Masker

oleh -
Tips Memakai Masker
Tips Memakai Masker dari WHO. (dok. @disbudpar.bdg)

JALAJAHNUSAE.com – Di tengah wabah Virus Corona (Covid-19) yang terus berkembang di Indonesia saat ini, masyarakat pun banyak yang memakai masker sebagai upaya pencegahan penularan. Namun ternyata saat menggunakan, melepas, membuang masker itu tak boleh sembarangan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan, melepas dan membuang masker. Yuk simak dan ikuti tips dari World Health Organization (WHO) berikut ini!

  • Sebelum mengenakan masker, cucilah tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun atau cairan antiseptik berbahan dasar alkohol.
  • Tutup mulut dan hidung dengan masker dan pastikan tidak ada jarak di antara wajah dan masker.
  • Hindari menyentuh masker yang sedang dipakai. Jika wargi menyentuhnya, segeralah bersihkan tangan.
  • Segera ganti masker dengan yang baru saat sudah terasa lembap. Jangan menggunakan masker sekali pakai hingga berulang kali.
  • Untuk melepas masker, lepaskan dari belakang (jangan menyentuh bagian depan masker). Segera buang masker ke dalam tempat sampah tertutup (jika memungkinkan, sobek atau bakar masker agar tidak disalahgunakan) setelah itu segera bersihkan tangan.

Nah itulah tips saat menggunakan, melepas, dan membuang masker yang benar. Semoga dengan langkah ini dapat mengurangi dan mencegah penularan wabah Covid-19.***(IG/@disbudpar.bdg)