Gelar “Lalaki Langit Lalanang Jagat” Buat Ridwan Kamil

oleh -
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menerima Kujang dari Kasepuhan Adat Cipta Mulya Sukabumi dan Kasepuhan Adat Ciptagelar Sukabumi. Foto: dok humas jabar

JALAJAHNUSAE.com – Gelar Lalaki Langit Lalanang Jagat disematkan kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Gelar tersebut diberikan oleh sesepuh masyarakat adat yang tergabung dalam Barisan Olot Masyarakat Adat (BOMA) Jawa Barat.

Sejumlah sesepuh masyarakat adat, mulai dari Kasepuhan Adat Cipta Mulya Sukabumi sampai Kasepuhan Adat Ciptagelar Sukabumi, secara bergantian menyematkan iket sunda, pakaian adat sunda, dan menyerahkan kujang kepada Emil –demikian Ridwan Kamil disapa.

Lalaki Langit Lalanang Jagat sendiri berarti gagah perkasa. Gelar tersebut ditujukan kepada pemimpin yang adil, dan mampu menaungi seluruh lapisan masyarakat.

“Ya, hari ini oleh BOMA Jabar, ada penganugerahan gelar adat. Intinya adalah gelar kepemimpinan untuk menyeimbangkan kepemimpinan yang lahir dan batin,” kata Emil usai menerima gelar adat ini di Alam Santosa Eko Wisata dan Budaya, Kab. Bandung, Selasa (24/12/19).