TNI AD Gelar Latihan di Martapura, Masyarakat Antusias Tonton Alat Tempur

oleh -
Letjen TNI AM. Putranto ketika memimpin apel pemeriksaan pasukan. (Foto:Penerangan Kodiklatad)

SUMSEL, Jalajahnusae.com – TNI AD terus mengasah prajuritnya untuk meningkatkan profesional tempur. Upaya itu dilakukan dengan menggelar Latihan Antar Kecabangan (Latancab) Kartika Yudha TA 2020.

Latihan TNI AD kali ini digelar di Pusat Latihan Tempur Kodiklat TNI AD di Baturaja, Kecamatan Martapura, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan pada Kamis, (26/11/2020).

Latihan ini juga menyedot masyarakat yang ingin menyaksikan langsung, bagaimana para prajurit profesional menggunakan alutsista modern.

Herman (42) warga setempat mengatakan, dia datang beserta dua anaknya sejak pagi tadi sekira pukul 06.00 WIB. Ini merupakan kali pertamanya menyaksikan TNI AD menjalani latihan.

“Saya datang dari jam 6 pagi tadi. Alasannya ingin lihat tentara latihan itu kayak gimana. Pertama kali ini saya menyaksikan tentara latihan, rasanya senang sekali,” ucapnya di lokasi.

Di kesempatan yang sama, Amrullah (42) juga membawa satu anaknya yang masih balita untuk datang ke lokasi Latancab 2020. Dia datang ke lokasi lantaran penasaran dengan perubahan yang terjadi di latihan tahun ini.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Brigadir Jenderal TNI Nefra Firdaus, di Martapura, mengatakan, latihan ini bertujuan membina dan meningkatkan interoperabilitas satuan kecabangan TNI AD dengan materi pertahanan dan serangan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD menjaga kedaulatan wilayah NKRI.

“Dengan adanya latihan Antar Kecabangan yang dilakukan tiap tahunnya ini diharapkan dapat memelihara kesiapan operasi dan meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AD,” kata dia.

Menurut dia, sebanyak 4.995 prajurit mengikuti latihan antar kecabangan itu, yang terdiri dari 3.123 prajurit dari Brigade Infantri R-9/2 Kostrad dan 1.872 pelatih dan pendukung.

Bahkan, lanjut Nefra, Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Andika Perkasa, akan menghadiri Latihan Puncak Antar Kecabangan ini.