Lembah Payaweuyan Majalengka Membuat Kang Emil Terpesona

oleh -
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menikmati matahari terbit (sunrise) di Lembah Penyawauyan, Kabupaten Majalengka. (Foto:IG-@ridwankamil)

JALAJAHNUSAE.com – Kabupaten Majalengka, Jawa Barat merupakan salah satu daerah di Priangan Timur dengan segudang destinasi.

Banyak spot menarik yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Lembah Panyaweuyan tepatnya di Kecamatan Argapura.

Bagi kalian yang tinggal di Jakarta, hanya butuh waktu-3-4 jam menggunakan kendaraan roda 4  melalui tol layang Japek untuk sampai ke lokasi.

Lembah Panyaweuyan sebenarnya sudah ‘ditemukan’ sejak 1980-an, namun kembali ngehit setelah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memposting video Lembah Panyaweuyan di akun Instagram-nya. Video itu meraih jutaan viewer.

Mirip di Puncak, Bogor, udara di kawasan ini sangat sejuk. Saat pagi hari menjelang matahari terbit (sunrise) cuaca bahkan terasa sangat dingin.

Foto:IG-@ridwankamil

Perubahan cuaca ini, sangat wajar karena Lembah Panyeuyan sendiri berada di kaki Gunung Ciremai dengan ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut (dpl). Sedangkan Gunung Ciremai sendiri ada di ketinggian sekitar 3.000 meter (dpl).

Lembah Panyaweuyan merupakan kawasan wisata terasering yang mayoritas adalah tanaman bawang putih dan bawang merah. Beberapa petani diantaranya membudidayakan kentang.

Terasering di Panyaweuyan berbeda dengan terasering di daerah lain di Indonesia yang biasanya sebuah sawah.

Di Lembah Panyaweuyan tidak ada sawah padi. Untuk menaiki sampai puncak Lembah Panyaweuyan, Pemkab Majalengka sudah membangun tangga dan bangunan permanen.

Di bagian puncak Lembah Panyaweuyan, Traveler bisa menikmati pemandangan terasering lebih asyik. Beberapa anak muda terlihat sibuk mengabadikan momen di puncak.

Foto:IG-@ridwankamil

Sementara itu di puncak lainnya, ada bangunan kayu yang bisa menguji adrenaline pengunjung, karena kita langsung menghadap ke lembah. Wah, bikin keringat dingin.

Ada lagi spot foto menarik di Lawang Saketeng, mirip sebuah panggung raksasa di atas yang sangat Instagramable.

Karena tempat wisata ini tengah ngehit, siap-siap kalau ada kemacetan di jalan menuju puncak terasering, terutama saat di akhir pekan atau hari libur.

Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan  Terasering Panyaweuyan Argapura wisatawan cukup membayar HTM sebesar Rp 5.000 / orang. Untuk biaya parkir kendaraan roda 4 sebesar Rp 5.000 dan sepeda Rp 2.000.

Fasilitas di Terasering Panyaweuyan mulai dari Area Parkir, Toilet, Mushola hingga Camping Ground sudah disiapkan dengan baik. (adh)