Pemkot Bandung Gelar Anugerah Budaya 2019

oleh -
Wakil Wali Kota Bandung memainkan angklung buhun sebagai simbol pembukaan Anugerah Budaya 2019. (Foto Humas Kota Bandung)

JALAJAHNUSAE.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar ajang Anugerah Budaya 2019 di Hotel Savoy Homann, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Senin (25/11/2019). Ajang pemberian penghargaan kepada 10 seniman, budayawan, dan lembaga yang telah berkontribusi dan mengharumkan Kota Bandung. Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Dalam keterangan pers Humas Kota Bandung, 10 seniman penerima penghargaan tersebut, antara lain Hawe Setiawan (pemikir kebudayaan), Ine Ariani (penari), Rosid (pelukis), Wawan Sofwan (teater), Uko Hendarto (lagu Sunda), Didi Tarsidi (pengembang pendidikan inklusif), Taufik Hidayat (Saung Angklung Udjo), Common Room (literasi budaya), Galura (media bahasa Sunda), dan Batagor Isan (kuliner tradisional).

Yana Mulyana mengungkapkan, acara ini bisa memperkuat koordinasi dan kolaborasi antara Pemkot Bandung dengan seniman dan budayawan. Sekaligus bentuk apresiasi kepada mereka yang telah berjasa membangun kebudayaan.

“Acara ini merupakan bentuk apresiasi kepada para pelaku, tokoh, praktisi seni dan budaya yang telah memberikan sumbangsih pemikiran, prestasi, inovasi dan kreativitas dalam perkembangan budaya,” ungkap Yana dalam sambutannya.

Melalui anugerah ini, lanjut Yana, selain sebagai bentuk perlindungan, juga merupakan pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan. Dengan tiga aspek tersebut, Pemkot Bandung ingin pemajuan kebudayaan dilakukan secara terpadu.

“Saya berharap dengan apresiasi ini, koordinasi dan kolaborasi dapat lebih solid lagi. Semoga Anugerah Budaya dapat menginspirasi masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran dalam menjaga dan melestarikan budaya Sunda,” lanjutnya.