Pemkab Karawang Akan Kembangkan Objek Wisata Gunung Sanggabuana

oleh -
Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Karawang, Eka Sanatha saat menyampaikan materi pada MarkPlus Government Roundtable Series 4 : Destinasi Investasi Prioritas Indonesia (Jabar), Kamis (25/6/2020). foto: tangkapan layar

JALAJAHNUAE.com – Pemerintah Kabupaten Karawang,Jawa Barat saat ini tidak saja concern pada  kawasan industri tetapi juga akan mempersiapkan destinasi wisata yang tidak kalah menariknya dengan daerah-daerah lain.

“Mungkin, orang mengenal Karawang dengan industrinya. Padahal kami juga memiliki banyak destinasi wisata menarik. Tidak saja laut, tetapi juga pegunungan. Salah satunya yang akan kami kembangkan adalah obyek Wisata Gunung Sanggabuana di Mekarbuana,” kata Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Karawang, Eka Sanatha saat menyampaikan materi pada MarkPlus Government Roundtable Series 4 : Destinasi Investasi Prioritas Indonesia (Jabar), Kamis (25/6/2020).

Menurut Eka, meski dpl-nya tidak setinggi Gunung Gede atau Gunung Papandayan namun kesejukan udaranya tidak kalah dengan di puncak.

“Kawasan ini akan kami kembangkan supaya ketika di puncak sudah padat dan macet, wisatawan  memiliki alternative disini. Apalagi pada tahun 2021 nanti akan ada Jalan Tol Jatiasih-Sadang sehingga diharapkan akan mempercepat pengembangan wisata di kawasan tersebut,” ungkapnya.

Keunggulan lain, pintu keluar tol Jatiasih-Sadang  nantinya juga berada pada jalan yang akan menuju objek wisata Gunung Sanggabuana.

Eka memperkirakan industri pariwisata pasca pandemi corona (Covid-19) merupakan indsutri yang paling cepat tumbuh.

“Kenapa saya katakan demikian, karena melihat tren-nya, begitu puncak mulai dibuka masyarakat berbondong-bondong berwisata. Begitu pun di Karawang ini, kami sangat optimis masyarakat atau wisatawan akan membludak saat destinasi wisata kembali dibuka,” tandasnya.

Dari sektor akomodasi, Karawang juga memperlihatkan pertumbuhan yang sangat pesat. Banyak hotel-hotel baru yang berdiri.

“Kalau lima tahun lalu datang ke Karawang hotel bisa dihitung jari, tapi sekarang cukup banyak. Termasuk hotel brand internasional,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui kawasan Gunung Sanggabuana  saat ini sudah mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Berada di Desa Mekarbuana, Tegalwaru, gunung ini memiliki ketinggian 1291 mdpl ‎dan merupakan gunung tertinggi dan satu satunya di Karawang.

Gunung Sanggabuana sendiri terletak di perbatasan empat kabupaten, yaitu di sebelah utara ada Kabupaten Karawang, sebelah timur Kabupaten Purwakarta, sebelah selatan Kabupaten Cianjur dan sebelah barat ada Kabupaten Bogor .

Saat ini status kawasan hutan gunung Sanggabuana masuk dalam kategori hutan produksi dan sedang diusulkan menjadi hutan lindung untuk mencegah meluasnya kerusakan hutan di wilayah tersebut.

Hutan gunung Sanggabuana masih cukup terawat. Di hutan gunung ini kita masih dapat menikmati pepohonan yang tumbuh liar hingga mencapai ketinggian puluhan meter berjejer disana. Bahkan pepohonan sebesar truk yang bila kita berdiri di pangkal pohonnya akan terlihat sangat kecil dibandingkan pohonnya, masih bisa ditemui disini. Pohon kemenyan tumbuh liar di hutan gunung ini.

Di puncak Gunung Sanggabuana terdapat beberapa makam yang sering dikunjungi oleh para pejiarah. Salah satunya adalah makam Ki Sapujagat.

Di puncak Gunung ini juga dapat terlihat bagian kota Karawang. Bahkan bendungan Jatiluhur yang berada di Kabupaten Purwakarta pun terlihat jelas dari puncak Gunung Sanggabuana.

(adh)