Finlandia Negara Paling Bahagia di Dunia,Ini 10 Negara Paling Tidak Bahagia

oleh -
Porvoo,adalah sebuah kota yang terletak di pantai selatan Finlandia, sekitar 50 kilometer sebelah timur Helsinki. Ini adalah salah satu dari enam kota abad pertengahan di Finlandia, pertama kali disebut sebagai kota dalam teks dari abad ke-14. Foto:IG-@madakto__

JALAJAHNUSAE.com – Di tengah kecemasan penyebaran pandemi global virus corona COVID-19, PBB baru-baru ini mengumumkan kabar menyenangkan bahwa Finlandia kembali menjadi negara paling bahagia di dunia untuk tahun ketiga berturut-turut.

Para peneliti untuk ‘World Happiness Report (Laporan Kebahagiaan Dunia)’ meminta orang-orang di 156 negara untuk mengevaluasi tingkat kebahagiaan mereka sendiri, sekaligus mempertimbangkan sektor PDB, dukungan sosial, kebebasan perorangan, dan tingkat korupsi untuk memberikan skor kebahagiaan bagi setiap negara.

Seperti dalam tujuh laporan sebelumnya, negara-negara Nordik mendominasi sepuluh besar, bersama dengan negara-negara seperti Swiss, Selandia Baru dan Austria.

Luxembourg juga naik ke peringkat sepuluh untuk pertama kalinya tahun ini.

“Negara-negara yang paling bahagia adalah di mana orang merasakan rasa memiliki, percaya, dan menghargai satu sama lain,” kata John Helliwell, salah satu penulis laporan itu dalam keterangan resmi PBB.

Sementara itu, negara-negara di peringkat bawah tahun ini adalah negara-negara yang dilanda konflik kekerasan dan kemiskinan ekstrem, dengan Zimbabwe, Sudan Selatan dan Afghanistan digolongkan sebagai negara-negara yang paling tidak bahagia di dunia.