Indonesia Jajaki Peluang Buka Travel Bubble dengan India

by -
Sandi-India
Menparekraf Sandiaga Uno saat melakukan rapat vritual dengan dengan Duta Besar India untuk Indonesia, Shri Manoj K. Bharti, Kamis (25/02/2021). Foto: IG-@sandiagauno)

BALI, Jalajahnuse.com – Pemerintah Indonesia sedang menjajaki peluang travel bubble (pembukaan zona batas lintas negara) dengan India. Jika hal ini terwujud maka wisatawan India bisa kembali mengunjungi beberapa daerah di tanah air.

India sendiri telah menerapkan travel bubble dengan 14 negara di tengah kewaspadaan pandemi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Kamis (25/02/2021), telah melakukan rapat secara virtual dengan  dengan Duta Besar India untuk Indonesia, Shri Manoj K. Bharti.

“Pertama kami membahas peluang travel bubble antara India dengan Indonesia, dimana saat ini India telah menerapkan travel bubble dengan 14 negara,” kata Sandiaga di Bali, kemarin.

Kedua, terkait penerbangan langsung dari India ke Indonesia begitupun sebaliknya yang saat ini belum ada.

“Jika kita lihat angka wisatawan India yang menuju Indonesia, terutama Bali dan Jakarta, sangat besar. Di 2019 saja jumlahnya mencapai setengah juta. Dengan adanya penerbangan langsung tentunya akan membawa keuntungan untuk sektor pariwisata di kedua negara,” paparnya.

Di sektor ekonomi kreatif, Kemenparekraf mengapresiasi sekali bahwa ada film Bollywood yang mengambil lokasi shoot di Indonesia tepatnya di Kota batam dengan pemerannya juga dari Indonesia.

“Ini tentunya semakin membuka luas peluang usaha dan lapangan kerja bagi pelaku ekonomi kreatif kita, dimana mereka juga mendapatkan keuntungan dengan besarnya pasar Indonesia pecinta film Bollywood,” jelas Sandi dalam keterangan persnya. (*/adh)