Dorong Potensi Wisata Baru, Pemkab Sukabumi Gelar Saba Desa Pariwisata

oleh -
Kegiatan Saba Desa Pariwisata di Cidolog, Selasa (25/02/20). (Foto Pemkab Sukabumi)

JALAJAHNUSAE.com – Dalam upaya mendorong potensi wisata baru di semua wilayah agar berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi meluncurkan program “Saba Desa Pariwisata”.

Kegiatan Saba Desa Pariwisata tersebut, dipimpin langsung Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami. Seperti yang dilaksanakan di Kecamatan Cidolog, Selasa (25/02/20), Bupati Marwan beserta rombongan mengunjungi salah satu ikon di sana yakni Curug Caweni yang memang terkenal keindahannya, eksotis, dan sangat alami.

Dalam kesempatan itu, Marwan memberikan santunan kepada sejumlah anak yatim dan kutipan akta nikah kepada pasangan yang mengikuti isbat nikah massal. Ia juga menuturkan, di Cidolog akan ada potensi wisata baru yang dikembangkan.

“Sehingga Saba Desa Pariwisata dilakukan di tempat ini. Destinasi ini menjadi model bagi pertumbuhan Cidolog,” tutur Marwan, dikutip dari laman resmi Pemkab Sukabumi.

Di Kecamatan Cidolog, lanjut Marwan, memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah dan harus digali. Apalagi, destinasi wisata ini akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

“Contoh di Ciletuh. Sekarang ibu-ibu banyak yang membuka homestay bagi wisatawan. Sehingga, tidak ada lagi yang bekerja jadi TKW,” ujarnya.

Marwan menambahkan, potensi SDA yang ada di wilayah Cidolog harus jadi pengungkit perekonomian masyarakat, karena dari sektor pariwisata banyak kegiatan ekonomi yang berkembang. Objek wisata baru merupakan langkah strategis membuka peluang ekonomi masyarakat.

“Karenanya Saba Desa Pariwisata ini untuk mendorong potensi wisata baru di semua wilayah Kabupaten Sukabumi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kab. Sukabumi, Usman Zaelani mengungkapkan, terdapat 110 destinasi wisata baru di Kabupaten Sukabumi. Destinasi wisata tersebut setiap tahunnya akan terus ditata.

“Kita akan membangun sarana dan prasarana pendukung lainnya, termasuk di Curug Caweni” ungkap Usman.

Maka dari itu, sambung Usman, kegiatan Saba Desa Pariwisata tersebut bertujuan mensosialisasikan dan mempromosikan wisata di Cidolog, termasuk di dalamnya agenda peningkatan perekonomian masyarakat.

Selanjutnya, Camat Cidolog, Sujana meyakini akan banyak manfaat positif dari kegiatan Saba Desa Pariwisata untuk wilayahnya.

“Semoga bisa menjadi berkah bagi masyarakat. Ke depan Curug Caweni tidak hanya menjadi wisata lokal. Namun, bisa menjadi wisata internasional,” harap Sujana.***(IG)