AstraZeneca Lanjutkan Uji Coba Vaksin Covid-19, Hasilnya Akhir Tahun Keluar

oleh -

JALAJAHNUSAE.com – Sebuah perusahaan farmasi multinasional, AstraZeneca pada Jumat (23/10/2020) mengatakan bahwa pihaknya akan melanjutkan uji coba vaksin Covid-19.

Eksperimental buatan AstraZeneca di Amerika Serikat (AS) ini sempat tertunda sejak September lalu.

Perusahaan itu mengungkapkan bahwa Food and Drug Administration ( FDA), badan pengawas makanan dan obat-obatan di AS, telah memberikan lampu hijau untuk uji coba lanjutan di Negeri “Uncle Sam”.

Selain AS, negara-negara lain juga menyusul uji coba kembali dalam beberapa pekan terakhir.

“FDA telah meninjau seluruh data keamanan dari uji coba secara global dan menyimpulkan bahwa situasi sudah aman untuk memulai kembali uji coba tersebut,” papar AstraZeneca dalam pernyataannya yang dikutip Xinhua News.

Sebagai bagian dari proses peninjauan standar untuk keamanan uji coba, penangguhan sukarela vaksinasi dalam seluruh kegiatan uji coba global dicetuskan pada 6 September.

Hal itu menurut perusahaan tersebut bertujuan untuk memungkinkan dilakukannya penilaian terhadap data keamanan oleh komite pengawasan independen.

Disebutkan pula bahwa rekomendasi dari peninjauan yang dilakukan mendapat dukungan dari regulator internasional, yang juga mengonfirmasi bahwa semua uji coba itu aman untuk dilanjutkan.

Pihak AstraZeneca juga mengatakan bahwa hasil dari uji coba tahap akhir diperkirakan akan keluar tahun ini. (kom/adh)