Tebat Rasau, Sungai Purba Nan Cantik Di  “Negeri Laskar Pelangi”

oleh -

BELITUNG TIMUR, Jalajahnusae.com – Satu lagu destinasi yang terbilang masih anyar di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung kini menjadi salah satu objek wisata unggulan.

Namanya, Tebat Rasau. Berada di Desa Lintang, Kecamatan Simpang Renggiang, objek wisata ini  menyajikan alam yang terawat dengan baik.

Jalajahnusae.com, Kamis (24/09/2020) berkesempatan mengunjungi Tebat Rasau yang merupakan sebuah rawa yang didalamnya banyak terdapat pohon rasau (pandanus helicopus).

Beragam jenis ikan tawar (endemik) dan kehidupan nelayan sungai menjadi daya tarik tersendiri. Banyak wisatawan asing—sebelum Covid-19 berdatangan untuk bisa tinggal bersama penduduk setempat.

Sungai Purba Tebat Risau di Desa Lintang, Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung. (Foto: Jalajah Nusae/adhi)

Suasala alam yang masih liar, dengan aliran sungai purba yang mengitari hampir 6 hektar kawasan rawa itu semakin membuat wisatawan merasakan adrenalin yang tidak di dapat di tempat lain.

Disini juga ada “Sahabat Alam”, yang merupakan kumpulan anak-anak yang belajar melestarikan alam. Didampingi oleh orang tuanya, mereka dengan gembira menunjukkan kemampuannya menangkap ikan air tawar dan mengendalikan sampan diantara rimbunnya pohon rasau.