Bali Persiapkan Tahapan Dengan Matang Menyambut New Normal

oleh -
Seorang penduduk lokal sedang berdoa di bibir Pantai Kuta Bali. Pantai ini masuk dalam 8 Pantai Terbaik versi media Australia,belum lama ini: Foto:Jalajah Nusae/yulianto

JALAJAHNUSAE.com – Bali sebagai barometer pariwisata Indonesia telah membuat tiga tahapan untuk kembali menggairahkan perekonomian. Tahapan pertama sudah dimulai dengan membuka aktivitas masyarakat lokal sejak 9 Juli.

“Tahap kedua akan dilakukan pada tanggal 31 Juli dengan pembukaan kembali  sektor pariwisata khusus untuk wisatawan nusantara,” kata Wakil Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Bali Ketut Swabawa, kepada Jalajahnusae.com, Sabtu (24/7/2020).

Sedangkan untuk tahap ketiga yakni bagi wisatawan manca negara (wisman) baru akan dilaksanakan 11 September yang akan datang.

Menurut Swabawa, fase-fase yang dilaksanakan ini karena dalam penerapan protokol new normal atau memasuki adaptasi kehidupan baru (AKB), industri pariwisata tidak bisa berdiri sendiri.

“Dalam mendatangkan wisatawan ke Bali, seluruh sektor akan terlibat, seperti sektor pertanian dan peternakan sebagai penyedia bahan makanan, sektor transportasi sebagai sarana mobilitas wisatawan dan sektor lainnya harus menerapkan protokol kesehatan yang sama,” jelasnya.