Pertama Dalam Sejarah,Ridwan Kamil Open House Secara Daring

oleh -
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi sanga istri Atalia Praratya saat melakukan open house daring dari rumah dinasnya di Kota Bandung,Minggu (24/5/2020). foto: dok humas jabar

JALAJAHNUSAE.com – Jika tahun sebelumnya open house selalu digelar terbuka di kediamaan Gubernur Jawa Barat, tidak demikian halnya pada Idul Fitri 1441 H tahun ini.

Tradisi bersalaman-salaman atau halalbihalal itu pun  diganti dengan silahturahmi secara daring, karena dalam situasi pandemi corona (COVID-19).

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyatakan tetap mengadakan gelar griya atau open house,namun secara daring dari rumah dinasnya di Kota Bandung, Minggu (24/5/20).

Dalam silahturahmi secara daring tersebut, Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– menyapa tokoh masyarakat lintas agama, kepada desa, relawan, dan petugas keamanan di check point tol Cikopo dan Cileunyi.

“Biasanya kami menyelenggarakan open house, tapi ini pertama kalinya dalam sejarah, kami melakukan open house digital atau halalbihalal dengan bentuk video conference yang penting pesannya sampai ke hati,” kata Kang Emil.

Menurut Kang Emil, perayaan hari raya Idulfitri tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dalam situasi pandemi COVID-19. Umat Islam mesti beradaptasi dan menunda tradisi-tradisi di hari kemenangan.

“Secara fisik kita tidak bisa bersentuhan dan bertemu, tapi dibalik musibah selalu ada hikmah, di antaranya kita jadi lebih paham dengan teknologi dan hemat biaya juga,” ucapnya.

Kang Emil mengatakan, halalbihalal virtual memperlihatkan bahwa warga Jabar tidak menyerah oleh pandemi COVID-19, karena masih dapat bersilahturahmi dan merayakan hari kemenangan di rumah dengan berbagai cara.

“Tentu ini menunjukan kita tidak menyerah oleh COVID-19. Kita cari cara baru supaya kehidupan bisa normal lagi, tapi dengan gaya baru,” ucapnya.