Lansia Jadi Prioritas Vaksinasi Tahap II di Bali

by -
Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menerima vaksinasi di RSBM - Sumber: balipuspanews.com

BALI – Jalajahnusae.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati jadi orang pertama yang menerima vaksin tahap kedua di Bali. Didampingi sang istri, Putri Haryani Ardana Sukawati, Wagub Bali divaksinasi di RS Bali Mandara (RSBM) Sanur, Rabu (24/2).

Seusai vaksin, Tjokorda mengaku bersyukur telah diberikan kesempatan untuk mendapatkan suntikan vaksin tahap kedua.

“Banyak yang bayangkan, vaksinasi untuk lansia itu menakutkan tetapi setelah diikuti prosesnya aman-aman saja,” kata Wagub Cok Ace, dilansir dari Balipuspanews.

Demi pemulihan pandemi, dirinya mengajak masyarakat khususnya Bali untuk ikut vaksinasi yang diprogram oleh pemerintah. “Ngiring divaksin, agar Bali gelis aman dan sehat,” ajaknya.

Vaksinasi dilakukan ke pejabat publik seperti wagub dan tokoh masyarakat lainnya. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Bali, Ketut Suarjaya, juga sebagai suatu bentuk pesan kepada masyarakat bahwa vaksin bukanlah suatu yang patut ditakutkan.

“Sosok pejabat publik serta tokoh masyarakat, yang diantaranya juga masuk kategori lansia tersebut menunjukkan bahwa kita tidak perlu takut divaksinasi. Semua harus turut divaksinasi agar lebih aman dan imun terhadap Covid-19,” kata Suarjaya, dilansir dari Balipuspanews.

Suarjaya pun menjelaskan bahwa setelah menerima vaksinasi, kemungkinan seseorang terpapar virus tiga kali lebih rendah. Meski begitu, tetap harus mengamalkan protokol kesehatan. Dirinya menambahkan, vaksinasi ini diharapkan meningkatkan imunitas secara individu ataupun komunitas, agar terciptanya herd immunity.

Vaksinasi tahap kedua di Bali akan menyasar sebanyak 663.169 orang. Sasarannya, mulai dari pegawai instansi publik, pedagang hingga lansia yang dijadikan prioritas. (JAV/TSS)