Kolaborasi Kemenparekraf & Kemnaker Tingkatkan Kualitas SDM di 5 Destinasi Prioritas

by -
Foto: Dok. Kemnaker

Jalajahnusae.com – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan jalankan program peningkatan kualitas SDM di lima destinasi prioritas pariwisata yakni Borobudur, Danau Toba, Mandalika, Likupang, dan Labuan Bajo.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan bahwa sebenarnya program tersebut tengah berjalan, kerjasama dengan Kemenparekraf dimaksudkan untuk meningkatkan efektifitas. Hal tersebut dibahas dengan Menparekraf Sandiaga Uno di kantor Menaker, Rabu (24/2).

Kedua pihak tersebut akan menyiapkan 500 ribu pekerja terampil dan perluasan kesempatan kerja di kawasan pariwisata setempat sepanjang 2021.

“Kemnaker juga membangun komunitas berbasis kejuruan pariwisata dan perhotelan. Total BLK Komunitas yang telah dibangun sejak 2017-2020 sebanyak 2.127 BLK Komunitas di seluruh Indonesia,” kata Ida Fauziah, dilansir dari Suara.com.

Selain itu, dirinya menjelaskan kedua pihak akan memperkuat MoU untuk menjadikan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebagai duta wisata.

Ida menambahkan, dua potensi ekonomi kreatif dan pariwisata lainnya yakni kuliner tradisional dan kerajinan daerah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjelaskan pertemuannya bersama Menaker bertujuan untuk membahas beberapa program, Salah satunya Program Duta Wisata dan Ekonomi Kreatif bagi PMI. lalu, program kolaborasi dalam peningkatan kualitas, khususnya 34 juta lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Untuk BLK komunitas, saya sangat terkesan, karena ini betul-betul langsung ada di tengah masyarakat untuk meningkatkan sektor pelayanan,” kata Sandiaga, dilansir dari Suara.com.

Dirinya menambahkan, Kemenparekraf dan Kemnaker juga sepakat untuk berbagi data di sistem informasi ketenagakerjaan (Sisnaker) demi efektifitas program kolaborasi tersebut. (JV/TSS)