Ini Kata Ridwan Kamil Soal Pemenang Desain Ibu Kota Negara

oleh -
Konsep 'Nagara Rimba Nusa' (Ibu Kota Negara Baru) dibuat oleh perusahaan Urban+ yang didirikan oleh Sofian Sibarani. Foto: Ist

JALAJAHNUSAE.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan apresiasi kepada  pemenang 1 Desain Ibukota Negara Indonesia, Sibarani Sofian. Tim desain yang dipimpin Sibarani mampu  menyisihkan 257 proposal yang masuk.

“Desain pilihan para juri, dimana saya salah satunya, dan pilihan Presiden ini memiliki semua keunggulan dan desain sebuah kota,”tulis Emil—begitu sapaan akrab Ridwan Kamil dalam akun instagramnya yang menampilkan Konsep Rimba Nusa. Hingga Selasa (24/12/2019) video tersebut sudah di tonton 942 ribu orang lebih.

Emil pun menjabarkan konsep Rimba Nusa yang memiliki keberfungsian, efisiensi lahan yang compact, identitas kebangsaan, ruang-ruang publik dan ruang demokrasi, monumentalitas sebagai ibukota negara, sustainabilitas lingkungan (green, menghormati air dan hutan), dan memiliki urban system yang baik (livable dan walkable, smart dan intelligent city). .

“Insya Allah akan menjadi kota terkeren terbaik se Indonesia juga dunia. Selamat untuk mereka yang akan hidup disana,” lanjut Emil.

Berikut video konsep Ibu Kota Negara baru karya Sibarani Sofian:

Sebagaimana diketahui pemerintah telah memutuskan konsep “Nagara Rimba Nusa” sebagai pemenang sayembara desain ibu kota negara.

“Siapa pun pemenangnya, (hak cipta desain) menjadi milik negara. Maka dia akan memantik kita sebuah gagasan. Jadi, gagasannya yang kita beli, tematiknya,” kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di kompleks Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (23/12/2019).

Karena bersifat sayembara, Suharso menyebut konsep itu belum bisa dipakai secara langsung dalam pembangunan IKN baru.