Kemenparekraf-SBM ITB Luncurkan Buku “Modelling a Healthy Creative Scene”

oleh -
Kemenparekraf berkerjasama dengan Kementerian Luar Negeri dan School of Business Management Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) meluncurkan buku Buku “Modelling a Healthy Creative Scene”. (Foto: Kemenparekraf)

JALAJAHNUSAE.com – Sebuah buku yang berisi pemetaan komunitas kreatif di beberapa kota besar di Indonesia diluncurkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Buku bertajuk “Modelling a Healthy Creative Scene” ini merupakan karya kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan School of Business Management Institut Teknologi Bandung (SBM ITB).

Kehadiran buku ini sebagai upaya untuk  memetakan komunitas kreatif di beberapa kota besar di Indonesia dengan karakteristiknya masing-masing.

Selian itu juga sekaligus sebagai acuan bagi para pelaku ekonomi kreatif dalam memulai skena kreatif mereka sendiri.

Direktur Hubungan Antarlembaga Kemenparekraf/Baparekraf, Kartika Candra Negara, dalam webinar “Book Launching: Modelling a Healthy Creative Scene”, Sabtu (21/11/2020), mengatakan buku ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada pelaku ekonomi kreatif mengenai pentingnya skena kreatif sebagai ekosistem yang dapat memacu para pelaku untuk menggali potensi semaksimal mungkin dalam berkarya.

“Skena kreatif dapat memberikan ruang yang aman bagi para kreator untuk menggali potensi dan berkarya secara maksimal,” kata Candra.

Candra menuturkan, buku ini merupakan riset dari tim Global Center of Excellence and International Cooperation for Creative Economy (G-CINC) yang terbentuk sejak 2019.