Film “Mekong 2030” FAwali Festival Film JAFF 2020, Digelar Besok

oleh -
Pembukaan JAFF 15 akan disambut dengan film "Mekong 2030" (2020), sebuah film antologi berisi lima film naratif pendek yang mengisahkan bagaimana masa depan Sungai Mekong dari lima perspektif nasional dan budaya yang berbeda. (Foto:IG-@jaffjogja)

JAKARTA, Jalajahnusae.com – Festival film Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) akan digelar pada 25-26 November 2020 secara daring dan offline, serta dibuka dengan film “Mekong 2030” (2020).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, JAFF akan menyajikan program film yang akan ditayangkan secara serentak di 15 kota seluruh Indonesia. Selain itu, pengalihan program non-pemutaran akan disajikan secara daring.

Perayaan JAFF 15 mengusung tema “Kinetik” yang merujuk pada gerakan-gerakan yang berasosiasi dengan kekuatan maupun energi.

Hal itu mencerminkan gerak tumbuh JAFF sebagai festival dalam usahanya untuk mempenetrasi gerak sinema Asia Pasifik di tengah keadaan yang terus berubah.

Kedinamisan gerak ini mewakili usaha-usaha para pegiat sinema yang tidak larut dan menyerah terhadap keadaan.

“Di tengah situasi pandemi, ‘Kinetik’ menggarisbawahi pentingnya merawat gerak sinema Asia demi menggapai kebesarannya. Masyarakat bersama JAFF 15 dapat terlibat aktif bagi mereka yang paling membutuhkan bantuan di tengah krisis, dengan mengarungi gelombang perubahan oleh pesatnya perkembangan teknologi dan transformasi mendasar dalam ekologi media kontemporer” ujar Budi Irawanto selaku presiden JAFF dalam rilis resminya, Selasa (24/11/2020).